Sukses

Lifestyle

Daya Tahan Virus Corona dapat Bertahan di Pakaian dan Cara Mencucinya

Fimela.com, Jakarta Adanya pandemi virus Corona saat ini, yang bisa kita lakukan adalah tindakan pencegahan. Salah satunya adalah memastikan jika diri sendiri dan barang-barang yang ada di sekitar bersih dari virus, termasuk pakaian.

Belum ada penelitian khusus tentang bagaimana virus Corona berinteraksi dengan pakaian, namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan di bawah ini, seperti melansir dari huffpost.com, Kamis (19/3/2020). Menurut penelitian, virus Corona dapat bertahan selama berjam-jam di atas permukaan yang terbuat dari berbagai bahan, seperti pakaian.

Partikel pakaian dapat menahan tetesan pernapasan. Partikel ini dapat mengering seiring waktu dan menonaktifkan virus Corona, namun tidak berarti hal tersebut terjadi dengan cepat.

 

 

Ketahanan virus Corona pada pakaian

Durasi ketahanan virus tergantung pada bahan pakaian, karena beberapa bahan lebih keropos dibandingkan bahan lainnya. Dikatakan jika serat dalam bahan berpori dapat menangkap partikel virus, mengeringkannya, dan memecahnya.

Bahan polyester seperti spandex dapat menahan kuman lebih lama daripada kain berbahan dasar katun yang bernapas, sehingga penting untuk rutin mencuci legging dan pakaian dalammu dengan cara yang tepat. Virus Corona dapat tetap aktif selama 2 sampai 3 hari pada permukaan plastik atau stainless steel, 24 jam di atas permukaan kardus, dan 4 jam di atas permukaan tembaga.

Selain itu, jika kamu tidak memiliki akses untuk mencuci pakaian sendiri, tidak perlu khawatir, karena virus dapat terbunuh dengan mencuci pakaian menggunakan air bersuhu lebih dari 80 derajat Fahrenheit. Ya, jika memungkinkan, gunakan air panas untuk membantu membunuh virus ketika kamu mencuci pakaian.

Mencuci pakaian disarankan dengan deterjen yang mengandung senyawa pemutih

Selain itu, para pakar menyarankan untuk mencuci pakaian dengan deterjen yang mengandung senyawa pemutih, karena virus tidak bisa bertahan dalam kondisi tersebut. Dan cucilah pakaianmu secara rutin, terutama jika pakaian tersebut masih kamu gunakan untuk berinteraksi dengan banyak orang.

Karena tujuannya adalah memblokir paparan terhadap virus Corona, gantilah pakaianmu setiap hari dan mencuci pakaian secara terpisah dengan orang yang sakit. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

;
Loading