Sukses

Lifestyle

Menghadapi Pasangan yang Cemburu Butuh Kesabaran Luar Biasa

Fimela.com, Jakarta Ketika seseorang dibakar rasa cemburu, sulit baginya untuk berpikir logis. Bahkan karena sudah terbawa emosi, kadang-kadang dia bisa melakukan hal-hal yang berlebihan. Begitu pula yang kerap terjadi pada sebuah hubungan saat salah satu pasangan merasa cemburu.

Menghadapi pasangan yang cemburu memang butuh kesabaran yang luar biasa. Memang, rasa cemburu bisa jadi tanda cinta. Dia cemburu karena tak ingin kehilanganmu. Dia cemburu karena dia ingin mendapatkan lebih banyak perhatianmu. Cemburu itu wajar, tapi kalau berlebihan bisa-bisa malah membuat hubungan makin tak sehat.

Tanyakan Penyebabnya Baik-Baik

Melansir youngwomenshealth.org, rasa cemburu adalah sebuah emosi. Rasa cemburu bisa memengaruhi sikap dan reaksi kita. Itulah sebabnya seringkali orang yang cemburu bereaksi berlebihan atau bersikap tidak wajar. Saat menghadapi pasangan yang cemburu, coba tanyakan baik-baik seperti, "Kau tampak kesal, apa ada yang membuatmu tak nyaman atau membuatmu merasa terganggu?" Sebelum rasa cemburu berakhir pada perdebatan atau pertengkaran, ada baiknya untuk segera mencari akar masalahnya terlebih dahulu.

 

Tahan Diri dari Saling Tuduh atau Menyalahkan Pihak Lain

Jangan memperburuk masalah dan perkara yang ada dengan saling tuduh atau menyalahkan pihak lain. Jika pasanganmu masih tampak kesal atau marah, mungkin dia butuh waktu untuk menenangkan dirinya terlebih dahulu. Beri ia waktu. Kondisikan situasi agar bisa sama-sama tenang terlebih dahulu.

Rasa Cemburu Membantu Kita Lebih Mengenal Karakter Masing-Masing

Munculnya rasa cemburu bisa jadi "pintu" untuk mengenal karakter pasangan. Kita akan terdorong untuk memahami keinginan dan apa yang dibutuhkan pasangan dalam hubungan. Kita pun bisa lebih mudah memposisikan diri dalam berbagai situasi untuk membuat hubungan bisa berjalan lebih harmonis. 

Selama rasa cemburu yang ada itu tidak berlebihan, maka sebuah hubungan bisa dilanjutkan dan dijalani dengan lebih memahami karakter pasangan satu sama lain. Cemburu bisa jadi tanda cinta, tapi juga bisa jadi tanda ada masalah yang perlu diselesaikan bersama. Yang tak kalah penting adalah komunikasi perlu dijalin dengan baik dan jujur satu sama lain. 

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Google Tampilkan Doodle Ignaz Semmelweis, Pelopor Cuci Tangan yang Kini Jadi Kebiasaan Sehat
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Menjaga Rumah Tetap Bersih di Tengah Wabah Virus Corona