Sukses

Lifestyle

7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Bisa Dilakukan di Rumah

ringkasan

  • Konsumsi Makanan dengan Bumbu yang Mengandung Antioksidan
  • Minum Teh Hijau
  • Tidur yang Cukup

Fimela.com, Jakarta Kekebalan tubuh adalah jaringan sel-sel, organ, protein, dan antibodi yang bekerja untuk melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan parasit. Jika kekebalan tubuh kita rendah, maka kita akan rentan sakit. Bahkan bisa sangat mudah tertular penyakit.

Meningkatkan daya tahan tubuh bisa dimulai dari hal-hal dasar. Dari pola makan hingga rutinitas harian yang kita lakukan. Melansir mirror.co.uk, ada tujuh cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Cara-cara ini bisa langsung kita coba dan terapkan dalam keseharian kita. Berikut uraiannya.

1. Konsumsi Makanan dengan Bumbu yang Mengandung Antioksidan

Perlu lebih hati-hati dan jeli dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Sebisa mungkin pilih makanan yang mengandung bumbu tinggi antioksidan, seperti bawang putih, bawang bombay, jahe, kunyit, dan cabai rawit. Mengonsumsi makanan dengan bumbu yang memiliki kandungan antimikroba dan antioksidan dapat bantu meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Minum Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang disebut polifenol. Kandungan tersebut dikenal dapat melawan infeksi. Tentu saja konsumsi teh hijau tak perlu sampai berlebihan, ya. Tetap imbangi juga dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

3. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup (sekitar tujuh jam) dapat meningkatkan sel-sel T. Sel T atau limfosit T adalah kelompok sel darah putih yang memainkan peran utama pada kekebalan seluler. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur hanya empat jam dalam semalam dapat menurunkan sel-sel pembunuh alami dalam tubuh sebanyak 70%. Untuk itu, selama di rumah usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

4. Kurangi Stres

Otak dan sistem kekebalan tubuh sangat berkaitan satu sama lain. Saat kita stres, otak memproduksi lebih banyak kortisol dan menyiapkan tubuh untuk menghadapi situasi darurat. Ketika hal tersebut terjadi, sistem kekebalan tubuh akan menurun. Cobalah untuk sebisa mungkin meredakan dan mengurangi stresmu. Bisa dengan melakukan olahraga yang merilekskan tubuh dan pikiran seperti yoga dan meditasi selama di rumah.

5. Jaga Tubuh Tetap Hangat

Jaga suhu tubuh tetap hangat. Usahakan suhu tubuh tidak di bawah 36 derajat celcius. Setiap kali keluar rumah apalagi ketika sedang hujan atau keluar pada saat malam hari, kenakan jaket hangat dan pakaian yang nyaman.

6. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Air putih. Air putih. Air putih. Selalu cukupi kebutuhan cairan tubuh setiap saat. Dengan mencukupi kebutuhan cairan dengan baik, maka tubuh bisa mengeluarkan racun dan bakteri lain penyebab penyakit. Setidaknya dalam sehari minum delapan gelas air putih.

7. Gunakan Minyak Esensial

Bila perlu, siapkan oil diffuser di rumah. Oil diffuser adalah alat yang digunakan untuk menyebarkan essential oil (minyak esensial) ke seluruh isi ruangan. Coba pilih minyak esensial lemon yang memiliki kandungan antibakteri. Memenuhi ruangan dengan aroma minyak esensial lemon bisa jadi penunjang untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tetap semangat jaga kesehatan, ya. Mari kita upayakan berbagai cara terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Yang tak kalah penting lagi adalah selalu upayakan cuci tangan dengan rutin setiap saat.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Aman Terima, Buka, dan Bersihkan Paket selama Pandemi Virus Corona
Artikel Selanjutnya
Resep Silky Puding dengan Vla untuk Si Kecil