Sukses

Lifestyle

10 Hal yang Dapat Dilakukan saat Menjadi Single agar Tetap Bahagia

Fimela.com, Jakarta Kebahagiaan bukan tentang komitmen dalam suatu hubungan, kebahagiaan tergantung pada diri sendiri. Seseorang mungkin memiliki persepsi yang berbeda tentang kebahagiaan. Menjadi single bukanlah kelemahan karena tidak dapat menemukan hubungan, oleh karena itu merupakan kekuatan memiliki kesabaran untuk menunggu yang tepat. Jangan biarkan dirimu bingung tentang menjadi single dengan kesepian karena kebahagiaanmu tidak bergantung pada status hubunganmu.

Jika dirimu terluka jutaan kali, bahkan jika hatimu hancur berantakan atau bahkan mungkin jika dirimu menginjak lorong penuh duri hanya untuk bersama orang yang dirimu cintai. Dirimu tidak akan pernah lelah, tidak pernah takut untuk mencintai dan terluka. Itulah siklus cinta, setiap orang memiliki alasan berbeda mengapa kita memilih untuk menjadi single, tetapi saatnya akan tiba, kita semua akan menghadapi konsekuensi dari cinta. Jadi, jika dirimu mesih single, mungkin waktu yang tepat untuk membuat dirimu sendiri bahagia. Berikut ini ada beberapa tips tentang bagaimana menjaga kehidupan yang bahagia saat menjadi single.

Berlatih Mencintai Diri Sendiri

Dirimu layak di cintai bukan hanya oleh orang-orang di sekitarmu, tetapi tentu saja oleh dirimu sendiri. Menjadi single adalah kesempatakan untuk fokus pada diri sendiri dan melihat jauh ke dalam dirimu. Cintai dirimu sendiri terlebih dahulu adalah hal yang paling penting yang harus ditangani. Jadi bantulah dirimu sendiri, beri dirimu sedikit pelukan dan mulailah untuk lebih mencintai dirimu sendiri. Bagaimana? Berikut adalah beberapa tips dasar tentang cara mempraktikkan mencintai diri sendiri.

  • Mendorong Dirimu

Berpikir positif setiap hari dapat membantumu merasa lebih bahagia setiap hari. Mungkin ini dapat dilakukan dengan mengatakan pada dirimu sendiri bahwa dirimu cerdas, cantik dan kamu bisa melakukan apa yang dirimu inginkan. Katakan apa pun yang akan membuatmu tersenyum dan itu akan membuatmu merasa dihargai.

  • Memaafkan Diri Sendiri

Terimalah kenyataan bahwa dirimu tidak sempurna, dirimu melakukan kesalahan dan kegagalan dalam hidup, tetapi juga jangan pernah terlalu keras pada diri sendiri ketika melakukan semua itu.  Bersedia merangkul ketidaksempurnaanmu dan hanya mengingatkan diri sendiri bahwa kegagalan hanya pelajaran yang bisa dipelajari.

  • Lindungi Dirimu

Jangan biarkan orang yang salah masuk ke dalam hidupmu, sebaliknya bawa orang yang tepat masuk ke dalam hidupmu. Dirimu layak dikelilingi oleh orang-orang yang benar-benar mencintaimu daripada orang-orang yang menikmati rasa sakit dan kehilanganmu. Singkirkan orang-orang toxic ke dalam hidupmu, tidak perlu membuang waktu dan usaha menghibur orang-orang yang hanya ingin menghilangkan kebahagiaan dan kesuksesanmu.

  • Habiskan Waktumu Sendiri

Habiskan lebih banyak waktu dengan diri sendiri, manjakan dirimu dengan makan atau beli pakaian sendiri. Ini akan membantumu mengeksplorasi lebih banyak tentang dirimu, itu akan membawamu ke perjalanan mempelajari hal-hal tentang dirimu dan juga akan membuatmu menghargai diri sendiri kerena menjadi dirimu sendiri dan bukan orang lain.

Lihat Kehidupan dari Sisi Positif

Hal-hal indah memang akan terjadi jika dirimu menjauhkan diri dari pikiran negatif. Dirimu akan hidup lebih baik dan lebih lama jika melihat kehidupan dengan sisi positif. Menjadi pesimis tidak akan membantumu mencapai pandangan yang baik dalam hidup, itu hanya melihat kesulitan di setiap kesempatan sementara optimis melihat peluang di setiap kesulitan. Optimisme adalah magnet kebahagiaan, jadi jika dirimu ingin bahagia, tetaplah berpikir positif orang-orang baik pasti akan tertarik padamu.

Tetap Terhubung dengan Teman-teman

Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang membuatmu bahagia. Selain keluarga dirimu juga memiliki teman yang dapat diandalkan. Tetapi, tentu saja pastikan memilih teman yang layak dan nyata. Mungkin beberapa hal darimu tidak dapat berbagi dengan keluargamu, itulah sebabnya dirimu bercerita pada temanmu.

Bagun Gaya Hidup Sehat

Ini menjadi waktu yang tepat untuk terhubung kembali dengan dirimu sendiri pada fisik. Dirimu mungkin ingin memulai program latihan baru, mungkin bisa melakuka zumba atau yoga. Mungkin juga dapat dilakukan dengan beberapa orang temanmu akan lebih menyenangkan. Ini akan membuat tubuhmu lebih terlihat terawat. 

Fokus pada Karier

Alih-alih mengoel tentang sialnya dirimu dalam suatu hubungan, mengapa tidak fokus saja pada impianmu. Semakin keras dirimu bekerja untuk sesuatu, semakin besar kebahagiaan yang akan dirimu rasakan ketika akhirnya dirimu mencapainya. Jika dirimu fokus pada masalah tentang status hubunganmu, maka semakin buruk entang hal itu. Tetapi jika dirimu fokus pada karier, pasti dirimu akan memiliki banyak peluang.

Habiskan Waktu Bersama Keluarga

Mengitari diri dengan orang-orang yang mendukungmu akan membuatmu merasa bahagia. Selalu ingat bahwa dirimu tidak harus dalam hubungan hanya untuk bahagia. Cinta dan dukungan keluarga kepadamu sudah cukup untuk membuat diri bahagia. Mereka adalah orang-orang yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan saat dirimu membutuhkan seseorang untuk bersandar.

Keluar dari Zona Nyaman

Mengapa tidak mencoba melakukan hal-hal yang belum pernah dirimu lakukan sebelumnya. Cara terbaik untuk bahagian dengan menjadi single adalah keluar dari zona nyamanmu, pergilah ke suatu tempat dan melakukan sesuatu yang menyenangkan dan baru. Melangkah keluar dari zona nyaman akan membawamu pada teman baru dan pengalaman baru yang luar biasa.

Mencapai Kemandirian

Menajdi mandiri dapat membantumu di masa depan dibandingkan dengan orang-orang yang lebih bergantung pada suatu hubungan. Kebahagiaan seharusnya tidak pernah sepenuhnya bergantung pada orang lain, kebahagiaan harus bergantung pada diri kita sendiri. Ingatlah bahwa jika hubunganmu berakhir, dirimu menjadi sangat tersesat karena terlalu terikat pada seseorang. Dengan demikian, dirimu tidak hanya harus mengenali bagaimana menjadi bahagian saat menjadi single, tetapi dirimu juga harus menyadari ide yang baik untuk memilih menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencintai diri sendiri.

Nikmati Kebebasanmu

Ketika dirimu menjadi single, akan memiliki kebebasan untuk melakukan apa pun yang dirimu inginkan. Dirimu bebas untuk menjadi apapun tanpa pertimbangan orang lain yang signifikan. Masih merupakan berkah untuk memiliki waktumu untuk sendiri, meski memiliki seseorang untuk berbagi pengalaman denganmu adalah sebuah suka cita. Alih-alih mengeluh tentang status hubunganmu, mengapa tidak menikmati kebebasan saat ini.

Menghargai Hidup

Bersyukur dan berhenti mengeluh, dirimu tidak akan pernah benar-benar mendapatkan apa yang diinginkan sampai dirimu bersyukur atas apa yang dimiliki. Belajar begaimana menjadi puas dan mengahrgai hidup, selalu ingat bahwa, jika dirimu bangun diberkati karena hidup adalah hadiah yang tak ternilai. Mengeluh tentang status hubungan tidak ada hubungannya dengan kehidupanmu. Dirimu hanya membuat diri menjadi stres. Sebaiknya hargai apa yang dirimu miliki saat ini

Jatuh cinta tidak bisa dihindari. Cinta bisa terjadi di mana, kapan, dan dengan siapa saja. Mungkin ada berbagai emosi dan risiko yang dapat dibawa cinta tetapi tidak pernah kehilangan harapan. Kita masing-masing memiliki cara berbeda dalam melindungi hati kita. Tetaplah ingat Tuhanmu, pasti akan tiba waktu yang tepat untukmu bertemu dengan orang yang tepat. 

#Changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Selalu Punya Aura Menarik, 3 Zodiak Ini Cenderung jadi Pusat Perhatian
Artikel Selanjutnya
Mudah Kecewa dan Sensitif, 3 Zodiak Ini Mentalnya Gampang Terguncang