Sukses

Lifestyle

Pemeriksaan Awal Virus Corona Bisa Dilakukan Melalui Telekonsultasi

Fimela.com, Jakarta Bertambahnya jumlah pasien virus corona setiap harinya membuat masyarakat khawatir apakah dirinya terjangkit virus tersebut atau tidak. Pasalnya, pada kasus yang ringan virus corona justru tidak menunjukkan gejala.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang semakin meluas, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan GrabHealth dan Good Doctor memberikan layanan tanya jawab online atau telekonsultasi. Telekonsulasi ini diharapkan bisa menjadi sarana masyarakat untuk melakukan pemeriksaan awal virus corona.

"Pemanfatan teknologi ini terkati pencegahan dan penanganan virus corona. Yang pasti kita tidak ingin rumah sakit menumpuk dan kebingungan. Dengan model informasi seperti ini akan mudah didapat. Informasinya harus lebih masif," ujar drg. Oscar Primadi, MPH. Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam konferensi pers online.

Pemeriksaan secara online ini diharapkan dapat mengurangi beban tenaga medis di rumah sakit, terutama selama masa social distancing seperti sekarang ini. Dengan demikian, tenaga medis bisa tetap maksimal melayani masyarakat dan pasien. Kementerian pun menganjurkan agar masyarakat bisa memanfaatkan smartphone mereka untuk mengakses layanan konsultasi dokter secara online dari rumah.

 

Mengurangi beban rumah sakit

Danu Wicaksana yang merupakan Managing Director Good Doctor Technology Indonesia menuturkan bahwa Good Doctor siap memberikan konsultasi gratis dengan dokter selama 24 jam.

"Sekarang banyak rumah sakit yang kelebihan pasien. Sehingga kami di sini meringankan beban pemerintah. Banyak pasien yang setiap bulan harus membelikan obat. Dengan Grab, kita antarkan obatnya ke rumah. Banyak juga artikel tentang COVID-19 dari kemenkes. Sehingga masyarakat bisa lebih aware," ungkap Danu Wicaksana.

Pemeriksaan awal yang dilakukan secara online ini ditujukan untuk mengetahui potensi risiko infeksi virus corona. Mulai dari kontak erat risiko rendah, sedang, dan tinggi. Apabila mitra dokter menemukan adanya indikasi pengguna dengan risiko rendah atau sedang, mitra dokter akan menganjurkan pengguna untuk melakukan isolasi diri. Namun jika ada kemungkinan risiko tinggi, mitra dokter bisa merekomendasikan pengguna untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit.

 

Dibekali dengan pedoman konsultasi yang terstruktur

Mitra dokter Good Doctor telah mendapat bekal secara langsung dengan pedoman konsultasi yang terstruktur, bekal rekomendasi medis yang akurat dan berbagai informasi terkini tentang virus corona dari Kementerian Kesehatan.

Neneng Goenadi selaku Managing Director Grab Indonesia menuturkan bahwa Grab menyediakan armada khusus untuk layanan transportasi dan pengiriman, seperti GrabCar, GrabBike, GrabExpress, dan GrabFood untuk tenaga medis dalam penanganan virus corona. Pada layanan GrabCar, akan disemprot disinfektan setiap kali mengantar penumpang sehingga setiap penumpang merasa aman dan nyaman agar tetap bersih.

Layanan GrabHealth powered by Good Doctor juga mengakomodir kebutuhan pembuatan janji temu dokter di rumah sakit maupun klinik yang telah menjadi mitra.

Simak video berikut ini

#changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Kue Cucur Empuk Bersarang dengan 7 Bahan Saja
Artikel Selanjutnya
Hindari 4 Kesalahan Ini untuk Menjaga Makanan Tetap Higienis dalam Lemari Es