Sukses

Lifestyle

Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona di Tempat Umum

Fimela.com, Jakarta Virus corona mulai menyebar di seluruh dunia. Pada awal Maret, Indonesia mulai terinfeksi virus corona. Masyarkat menjadi panik dan banyak mencari cara mencegah penyebaran virus Corona.

Tempat umum merupakan media terbesar untuk penyebaran virus corona. Contohnya seperti terminal, kantor, wc umum, pasar, stasiun dan lain-lain. Penyebaran virus corona hampir sama dengan penyebaran virus flu. Virus ini dapat menyebar melalui kontak langsung individu.

Virus corona juga dapat menyebar melalui benda. Cairan atau dahak yang dikeluarkan orang saat batuk, dapat menetes pada suatu benda, dan jika orang menyentuhnya akan tertular. Sahabat Fimela tidak perlu khawatir akan hal ini. Simak cara mencegah penyebaran virus corona di tempat umum berikut ini:

Menjaga jarak jika ada yang batuk atau bersin

Seperti yang kita tau, secara langsung batuk dapat menyebarkan virus. Batuk merupakan reaksi tubuh terhadap benda asing yang masuk melalui hidung. Penularan virus corona dapat terjadi saat orang batuk.

Sahabat Fimela bisa menjaga jarak jika bertemu orang batuk. Jagalah jarak kurang lebih 1 meter dari orang tersebut. Hal tersebut merupakan cara mencegah penyebaran virus corona.

.

Mencuci Tangan

Virus corona dapat menybar pada benda-benda di tempat umum. Tangan adalah bagian tubuh yang digunakan untuk menyentuh sesuatu. Ketika di tempat umum, tangan akan sering menyentuh fasilitas-fasilitas umum.

Cara mencegah penyebaran virus Corona dapat dilakukan dengan cuci tangan dengan sabun. Cuci tangan harus dilakukan setelah menyentuh fasilitas umum. Jika tidak ada air untuk mencuci tangan, gunakanlah handsanitizer. Jangan lupa keringkan tangan dengan tisu.

Jangan Menyentuh Wajah

Hidung, mata dan mulut merupakan jalur utama penyebaran virus. Maka dari itu, janganlah menyentuh wajah dengan tangan. Walaupun tangan sudah di bersihkan, belum tentu tangan bersih.

Kalau ingin memegang area wajah, gunakanlah tisu. Kalian juga bisa menggunakan tisu basah yang anti bakterial. Agar wajah selalu steril.

Hindari pergi ke pasar hewan atau kebun binatang

Virus corona merupakan virus yang ditemukan pada hewan. Virus corona terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu alfa, beta, gama dan delta. Sub kelompok corona yang menyerang manusia adalah alfa dan beta.

Beberapa ilmuwan masih meneliti cara penyebaran virus corona dari hewan ke manusia. Para ilmuwan China melakukan tes melalui tubuh pasien, dan diduga kelelawarlah penyebabnya. Kelelawar adalah hewan yang tidak pernah sakit. Namun, dapat menyebarkan berbagai virus.

Ketika ilmuwan meneliti di pasar hewan China, trenggiling merupakan hewan yang dapat menginkubasi virus. Trenggiling merupakan hewan yang sering dijual di pasar hewan. Hal ini menjadikan peluang untuk virus perpindah dari satu spesies ke spesies lainnya.

Banyak virus lainnya yang tersebar dari hewan liar. Misalnya Ebola, SARS dan sekarang corona. Untuk itu cara mencegah penyebaran virus Corona dengan menghindari pasar hewan dan kebun binatang.

Hindari Jam Sibuk

Sahabat Fimela yang terpaksa pergi ke tempat umum menggunakan kendaraan umum, janganlah pergi ketika jam sibuk. Kecuali jika sedang bekerja. Pada jam tertentu, kendaraan umum akan dipenuhi oleh pekerja.

Kendaraan umum yang penuh akan mempercepat penyebaran virus. Kalian bisa menghindari jam orang kerja atau jam pulang kerja. Hindari juga bersentuhan dengan orang atau permukaan kendaraan umum.

Bersihkan Area Sekitar

Tempat dimana kita bekerja juga dapat menjadi tempat penyebaran virus. Pada saat di kantor akan sering bertemu dengan individu. Sehingga, jaga jaraklah dengan orang di kantor. Jika sahabat Fimela sedang sakit, gunakanlah masker.

Selain itu, di kantor atau tempat umum akan sering bertemu dengan benda yang kotor. Kalian bisa membersihkan benda yang ada disekitar kalian dengan disinfectant. Agar lingkungan sekitar kalian terbebas dari virus Corona.

Lakukan Social Distancing

Masyarakat dihimbau pemerintah untuk menggunakan masker, handsanitizer, dan menjaga kebersihan. Namun, masih saja banyak orang yang tidak melakukannya. Maka, cara mencegah penyebaran virus Corona yang terakhir adalah social distancing.

Cara ini bertujuan untuk memberikan jarak pada individu, agar tidak berkontak atau bersentuhan secara langsung. Tindakan ini sangat efektif sebagai cara mencegah penyebaran virus Corona.

Virus Corona mudah menyebar melalui udara. Jika berada di tempat umum, jagalah jarak dengan orang lain. Harvard Medical School menyarankan setiap individu untuk berjarak sekitar 2 meter.

Ke Tempat Umum Jika Perlu

Beraktivitas di tempat umum saat virus corona, tidak boleh dilakukan asal-asalan. Hanya pekerja dan orang-orang yang memiliki kepentingan saja yang boleh ke tempat umum. Kalau kamu ingin nongkrong atau ke-mall, sebaiknya jangan dilakukan dulu. Bersabarlah, jaga kesehatan dan turuti aturan pemerintah, agar penyebaran virus corona ini segera berakhir.

Simak Video di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
9 Cara untuk Move On Setelah Putus Cinta
Artikel Selanjutnya
Lengkapi Kebutuhan Harian Selama Pandemi Virus Corona Lewat Belanja Online