Sukses

Lifestyle

Hindari Paparan Virus dan Bakteri, Intip 7 Tips Membersihkan Gadget Tanpa Merusaknya

Fimela.com, Jakarta Di tengah pandemi virus Corona, bukan cuma benda-benda di kawasan umum saja yang rawan terpapar virus dan bakteri. Tetapi juga barang-barang yang kamu miliki di rumah dan yang setiap kali kamu bawa ke mana-mana. Seperti gadget, salah satu perangkat yang paling sering kamu sentuh dan gunakan dalam sehari-hari. 

Tidak seperti bangku, kursi, dan pakaian di rumah yang bisa kamu cuci dengan sabun dan air mengalir, gadget atau perangkat elektronik yang ada di rumah harus dibersihkan dengan sangat hati-hati. Pasalnya, menggunakan sembarang cairan pembersih atau juga sanitizer justru akan merusak perangkatmu. 

Karena itu, HP Indonesia memberikan beberapa tips untuk kamu yang hendak membersihkan perangkat gadget di rumah agar terhindari dari virus dan bakteri. Simak beberapa tips berikut ini. 

1. Disinfektan

Jangan menggunakan disinfektan biasa. Gunakan disinfektan yang disarankan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), yaitu larutan alkohol yang mengandung 70% alkohol dan 30% air. 

2. Kain Microfiber

Kain biasa terlalu kasar untuk layar ponsel dan perangkat gadget-mu. Untuk itu, gunakan kain microfiber yang lembut. Namun, kamu juga harus melindungi kulit tangan dari larutan alkohol yang dapat membuat kulitmu menjadi sangat kering. Untuk itu, disarankan menggunakan sarung tangan untuk membersihkan dan mensterilkan permukaan perangkatmu. 

3. Off

Pastikan perangkat dalam kondisi mati dan tidak dialiri listrik. Untuk printer, pastikan kamu melepas steker dari stopkontak. 

4. Jangan kena air

Ada bagian-bagian dari perangkat yang tidak boleh terkena air. Seperti keyboard, panel display atau port USB di panel kontrol printer, karena dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.

5. Satu arah

Ketika membersihkan sebuah layar atau panel kontrol printer, usapkan kain pembersih dengan cara satu arah, dari bagian atas permukaan ke bagian paling bawah. 

6. Kering

Pastikan permukaan yang dibersihkan sudah kering sebelum menyalakan perangkat kembali. Jangan sampai kamu menyalakan perangkat saat masih ada cairan atau kelembapan yang tersisa di permukaan.

7. Buang Sarung Tangan

Buang sarung tangan setiap selesai membersihkan perangkat dan segera cuci tangan setelah melepas sarung tangan.

#ChangeMaker

;
Loading