Sukses

Lifestyle

Tips Tidur Lebih Baik saat Merasa Cemas Terhadap COVID-19

Fimela.com, Jakarta Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan otak dan tubuhmu. Namun, seiring pandemi COVID-19 yang terus menyebar, menebarkan kecemasan dan kekhawatiran bersamanya, mendapatkan jumlah tidur berkualitas yang sehat mungkin tidak semudah dulu. Dan tidur nyenyak lebih sehat mungkin tidak semudah dulu. Dan tidur nyenyak lebih penting saat ini. Kita tahu bahwa tidur berhubungan langsung dengan kekebalan tubuh dalam hal respon fisiologis dalam tubuh kita. Jika kita tidak tidur, dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh kita, kita dapat meningkatkan peradangan di dalam tubuh yang kita tahu dapat menyebabkan lebih banyak tentan terhadap berbagai virus atau pun lingkungan kerja kita.

Dengan kata lain, kualitas tidurmu memainkan peran langsung dalam kempuan tubuhmu untuk membuatmu aman dari virus corona. Jadi, di samping semua perilaku kebersihan yang disarankan untuk menangkal penyakit , seperti mencuci tangan dan menjaga jarak sosial, pertimbangkan kesehatan tidurmu sendiri sebagai cara lain untuk tetap terlindungi. Berikut ini adalah tips bermanfaat untuk membantu mengurangi ketegangan dan mendapatkan istirahat malam yang baik, bahkan selama masa-masa yang penuh tekanan dan tidak mentu ini.

Pertahankan Rutinitas Teratur

Banyak orang mengalami kehidupan sehari-hari yang sama sekali terbalik sebagai akibat lagsung dari pandemi ini. Mungkin beberapa orang juga melakukan pekerjaan dari rumah. Yang lain sekarang menyulap pekerjaan dan keluarga karena mereka menjaga anak-anak yang sekarang tidak bersekolah selama sisa tahun ajaran.

Tidak peduli bagaimana hidupmu telah dipengaruhi, itu sangat penting untuk tetap melakukan rutinitas agar dapat tidur nyenyak. Ini sebenarnya adalah saat ketika kita perlu mengingat dan memperhatikan bagaimana kita menjalani hidup kita dengan cara yang sangat berbeda. Jika dirimu bekerja dari rumah, bangunlah di waktu yang sama dan berpakaianlah. Jika mungkin hanya pergi ke kamar sebelah atau bekerja dari kamar tidur, tetapi hanya memiliki rasa rutinitas dan normalitas yang sama, yang akan membantumu merasa kurang terganggu.

Jangan Tidur Berlebihan

Jika mendapati diri dalam situasi karantina atau kerja dari rumah akibat pandemi, kamar tidur atau sofa mungkin akan menjadi tempat nyaman untukmu. Menambah pentingnya membangun rutinitas untuk diri sendiri, pastikan dirimu tidak tidur siang berlebihan, karena ini bahkan membuatmu lebih mengantuk di siang hari, berpotensi mengubah atau mengganggu rutinitas tidur malam.

Berolahraga

Internet telah terbukti menjadi alat yang sangat berharga untuk komunikasi dan hiburan selama masa di mana orang-orang di seluruh dunia telah diberi mandate untuk melakukan karantina sendiri atau berteduh. Internet telah terbukti menjadi alat yang sangat berharga untuk komunikasi. Namun, menatap layar sepanjang hari tidak membantu ketika dirimu mencoba tertidur. Sebaiknya ganti kegiatan sebelum tidur dengan membaca buku atau mendengarkan musik sebagai sarana hiburan sebelum tidur.

Berolahraga

Gym mungkin ditutup, tetapi harus tetap menjadi bagian dari kehidupan sehari-harimu. Olahraga harian masih sama pentingnya, terutama untuk tidur. Perintah menjaga jarak dan tinggal di rumah mungkin membuatmu merasa bahwa pilihanmu lebih terbatas, tetapi ada sejumlah cara dapat berolahraga secara efektif tanpa meninggalkan rumah. Berolahraga di siang hari benar-benar penting. Hanya saja janga berolahraga dalam waktu beberapa jam sebelum tidur karena stimuasi aktivitas fisik dapat membuat lebih sulit untuk tidur.

Struktur Asupan Berita

Hampir tidak mungkin untuk lepas dari arus berita dan informasi COVID-19 yang terus menerus meresahkan yang merasuki kehidupan sehari-hari saat ini. Rajin membatasi beberapa kali per hari memeriksa ponselmu dan untuk berapa lama membaca berita terkait pandemi.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading