Sukses

Lifestyle

5 Ide Mulai Usaha di Tengah Wabah Virus Corona Saat di Rumah Saja

Fimela.com, Jakarta Imbauan social distancing selama masa pandemi virus corona atau Covid-19 otomatis membuat ruang gerak kita menjadi terbatas. Namun di tengah keterbatasan, masih banyak yang bisa kita lakukan untuk tetap produktif plus menghasilkan uang tambahan.

Jika kita memang tidak memiliki usaha atau bisnis sebelumnya namun ingin menghasilkan uang, coba saja mulai dengan menjual barang milik sendiri. Tren bisnis preloved juga makin populer lewat kampanye sustainable fashion yang digalakkan. 

Kita bisa memanfaatkan akun media sosial untuk mempromosikan, atau jika memang niat, gunakan saja marketplace untuk memperluas cakupan calon pembeli. Selain dapat uang tambahan, membuka 'thrift shop' pasti akan memberi ruang lebih pada lemari penyimpanan kita selama pandemi virus corona bukan?

Reseller Buah dan Sayur

Saat berbelanja ke supermarket menjadi lebih ribet karena aturan social distancing, belanja online semakin jadi pilihan. Terutama layanan pengantaran grocery online dari supermarket premium yang juga punya daftar antrean panjang.

Kita bisa memanfaatkan untuk ikut memenuhi kebutuhan pasokan buah dan sayur yang sekarang ikut menjamur. Seperti menjadi reseller dengan melakukan sistem pre-order.

Belakangan ini pasti banyak dari kita yang melihat teman atau saudara ikut menjajal peluang usaha yang potensial di tengah wabah virus corona. Yang terpenting tetap menjaga kebersihan dan kesehatan ya!

 

3. Menjual Masker Kain

Memakai masker kini bukan hanya ditunjukkan bagi orang sakit, melainkan untuk semua. Pemerintah pun mengeluarkan aturan tersebut terutama di DKI Jakarta di mana menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan dimulai 10 April 2020.

Karena kelangkaan masker bedah yang diprioritaskan untuk tenaga medis, maka pemerintah menyarankan untuk memakai masker kain. Masker kain direkomendasikan untuk diganti dan dicuci setiap hari. 

Nah, pastinya kebutuhan akan masker kain akan terus tinggi. Selain membantu banyak orang mendapatkan masker kain, kita juga bisa menjadikan peluang ini untuk memulai usaha selama di rumah aja.

 

 

4. Jual Masakan Andalan

Saat pandemi virus corona, mau tak mau membuat banyak orang mencoba memasak, baik karena tak ada pilihan atau memiliki banyak waktu. Nah, bagimu yang memang mempunyai skill masak atau jago dalam membuat sebuah menu makanan, kenapa tidak dikembangkan? 

Di satu sisi, kita bisa membantu teman atau saudara, di sisi lain kita bisa memulai usaha berjualan makanan. Atau untuk ajang promosi, kita bisa mengirimkan makanan hasil kreasi untuk dijajal sebelum mencoba berjualan.

Jika progresnya baik, tak ada salahnya untuk diseriusi dan diteruskan. Atau jika pandemi ini berakhir, kamu memiliki penghasilan tambahan dari hasil jualan makanan.

 

5. Tutorial Virtual

Di era pertemuan virtual, kita familiar dengan berbagai aplikasi dan fitur untuk menggelar meeting atau webinar online. Semua dapat diakses secara gratis.

Jika kamu memiliki sebuah keahlian yang bisa dibagikan lewat sebuah tutorial pasti akan sangat berguna. Seperti tutorial belajar bahasa sampai olahraga.

Belakangan banyak yang tadinya menggratiskan beralih menjadi berbayar. Namun, jika tutorial atau videomu berguna, pasti orang-orang tak akan keberatan mengeluarkan uang untuk menyimaknya, bukan?

 

Simak Video Menarik Berikut Ini

#ChangeMaker 

;
Loading