Sukses

Lifestyle

Cara Terbaik Mencuci Masker Kain

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin sudah mendengar bahwa saat ini cara pencegahan terbaik yang bisa dilakukan selama pandemi virus Corona adalah mengenakan masker kain bagi orang yang sehat. Namun, sadarkah kamu bahwa mencuci masker kain sama pentingnya dengan memakainya?

Menurut sebuah laporan terbaru yang diterbitkan di The Lancet, partikel virus Corona dapat bertahan menempel di permukaan masker kain hingga 7 hari. Dilansir dari huffpost.com, Rabu (15/4/2020), masker kain buatan sendiri memiliki tingkat kerentanan terhadap virus yang lebih tinggi.

Mengenakan masker kain dapat mengurangi konsentrasi partikel virus yang terhirup melalui tetesan pernapasan, namun masker kain itu sendiri juga dapat membawa virus. Kain katun tidak dirancang untuk sepenuhnya menyaring partikel virus dalam rentang nanometer.

 

 

Tips mencuci masker kain

Namun, kain ini dapat sangat membantu bagi seseorang yang tidak memiliki gejala. Sekitar 97% partikel virus di udara dapat dengan mudah menembus masker kain.

Inilah mengapa penggunaan masker kain sebenarnya merupakan metode untuk melindungi orang lain, bukan diri sendiri. Selain itu, masker kain harus dicuci setidaknya sekali sehari, setiap kali kamu selesai menggunakannya.

Menurut para pakar, idealnya, masker tidak boleh digunakan lebih dari 30 menit, karena kelembapan dari napas membuatnya kurang efektif sebagai pengahalang terhadap partikel virus. Jika kamu adalah pekerja medis, pertimbangkan untuk mencuci masker kain setiap 2 jam sekali.

Tips mencuci masker kain

Gunakan deterjen dengan senyawa pemutih atau bahan aktif lainnya untuk mencuci masker kain. Senyawa ini dapat membunuh mikroba lebih efektif daripada deterjen standar lainnya.

Jika memungkinkan, cucilah masker kain menggunakan air panas dengan temperatur setidaknya 140 derajat Fahrenheit. Kamu juga bisa mensterilkan masker dengan menyeterika atau meletakkannya di dalam oven selama 20 menit dengan suhu sekitar 160 derajat Fahrenheit.

Setelah mencuci, pengeringan masker harus dilakukan di udara yang panas. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading