Sukses

Lifestyle

Manfaat dari Mengonsumsi Daun Pepaya untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Pepaya adalah jenis pohon tropis yang berasal dari Meksiko dan daerah utara Amerika Selatan. Saat ini, pepaya adalah salah satu tanaman yang paling banyak dibudayakan di dunia. Buah, biji dan daunnya sering digunakan dalam berbagai praktik kuliner dan pengobatan tradisional. Daun papaya mengandung senyawa tanaman unik yang telah menunjukkan potensi farmakologis yang luas dalam penelitian tabung dan hewan. Berikut ini beberapa manfaat baru dari mengonsumsi daun papaya untuk kesehatan tubuh.

Mengobati Demam Berdarah

Salah satu manfaat obat paling menonjol dari daun pepaya adalah potensinya unggul untuk pengobatan gejala-gejala tertentu yang berhubungan dengan demam berdarah. Dengue adalah virus yang ditularkan oleh nyamuk yang dapat menular ke manusia dan menyebabkan gejala flu seperti demam, kelelahan, sakit kepala, mual dan muntah. Kasus yang parah juga dapat menyebabkan berkurangnya kadar trombosit dalam darah. Menurut penelitian menemukan bahwa ekstrak daun pepaya secara signifikan meningkatkan kadar trombosit darah. Terlebih terapi daun pepaya hanya memiliki sedikit efek samping yang terkait dan terbukti jauh lebih efektif daripada perawatan konvensional.

Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Daun pepaya sering digunakan dalam pengobatan tradisional Meksiko sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kontrol gula darah. Ekstrak daun pepaya memiliki antioksidan kuat dan efek penurunan sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas dari keruasakan dan kematian dini.

Mendukung Fungsi Pencernaan

Teh dan ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alternatif untuk mengurangi gejala pencernaan yang tidak nyaman, seperti gas, kembung dan mulas. Daun pepaya mengandung serat yang nutrisinya mendukung fungsi pencernaan yang sehat yang menandung senyawa papain. Papain terkenal karena kemampuannya untuk memecah protein besar menjadi lebih kecil, lebih mudah dicerna protein dan asam amino. Ini bahkan digunakan sebagai pelunak daging dan kuliner lainnya.

Mendukung Pertumbuhan Rambut

Aplikasi topikal masker dan jus daun pepaya sering digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan kesehatan kepala, tetapi bukti untuk mendukung kemanjurannya untuk tujuan ini sangat terbatas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres oksidatif yang tinggi dalam tubuh dapat berkontribusi pada kerontokan rambut. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan selanjutnya meningkatkan pertumbuhan rambut.

Pepaya adalah salah satu tanaman yang paling banyak dibudayakan dan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, baik dari buah, daun dan bijinya.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading