Sukses

Lifestyle

6 Manfaat Melakukan Shalat Tahajud Selain Mendamaikan Hati

Fimela.com, Jakarta Shalat dan doa tahajud atau doa malam adalah ibadah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi. Siapa pun yang secara rutin shalat tahajud, Allah akan memudahkan semua urusannya, hidupnya dijauhkan dari kesengsaraan, kesulitan hidup serta memuliakan hidupnya. Doa tahajud dilakukan pada sepertiga malam terakhir yaitu ketika manusia lain tidur dalam keheningan. Doa ini termasuk shalat sunnah mengingat banyak manfaat yang bisa kita rasakan. Selain itu ada beberapa manfaat lain ketika kita menjalankan shalat dan doa tahajud. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita nikmati ketika menjalankan shalat tahajud.

Membawa Kita ke Tempat yang Terpuji dan Mulia di Sisi-Nya

Ini adalah janji Allah SWT yang akan mengakat umat-Nya ke tempat yang terpuji, bagi mereka yang melakukan shalat tahajud dengan rajin dan dengan tulus mengharapkan keridhoan Tuhan. Mendapatkan tempat terpuji, tempat khusus di hadapan Allah SWT adalah mimpi yang layak dipegang erat oleh jutaan umat beriman.

Sampaikan Doa dan Harapan

Shalat dan doa tahajud adalah salah satu ibadah sunnah utama dan merupakan media yang efektif untuk menyampaikan doa-doa kamu kepada Allah. Kita bisa berharap dan berdoa tentang kehidupan, tentang mimpi membangun keluarga sakinah dan permohonan untuk mendapatkan bimbingan.

Menjadi Rendah Hati

Allah SWT menegaskan bahwa orang yang sholat tahajud akan selalu memiliki sifat yang rendah dati dan ramah. Ketenangan yang merupakan perenungan dan ketenangan jiwa dalam menjali kehidupan sehari-hari di masyarakat akan membuat kita rendah hati.

Menjaga Kesehatan

Tidak diragukan lagi, shalat tahajud menjadi terapi pengobatan terbaik dari berbagai banyak penyakit. Karena itu, orang yang membiasakan diriuntuk shalat tahajud akan memiliki sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Rasulullah SAW berkata.

Lakukan shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh di hadapan Allah, sarana untuk mendekat kepada Allah, mencegah dosa, menghapus kesalahan dan mencegah segala macam penyakit dari tubuh” (HR Tirmidzi).

Mempercepat Pencapaian Tujuan dan Rasa Aman

Allah akan memberikan tujuan yang kita inginkan dan rasa aman untuk membuat kehidupan kita lebih mudah.

Saya telah memberinya apa yang dia harapkan dan memberikan tasa aman dari apa yang dia takuti” (HR Ahmad).

Hilangkan kemalasan dan Nafsu

Doa tahajud adalah cara ampuh untuk menghilangkan kemalasan dan nafsu. Melakukannya di malam hari akan membuat kita lebih siap untuk menyambut hari esok. Musuh terbesar dalam diri manusia adalah nafsu. Melaksanakan shalat tahajud mungkin agak berat bagi sebagian orang karena itu dilakukan di jam-jam di mana kita biasanya tertidur. Godaan untuk tidur tentu sangat besar saat

itu. Karena itu, orang yang bangun dari tidurnya untuk melakukan shalat tahajud berarti telah berhasil menahan godaan dalam dirinya untuk beribadah kepada Allah.

Nah, berikut tadi beberapa manfaat dari shalat tahajud yang bisa kita lakukan di malam hari. Tentunya masih banyak lagi manfaat dari shalat tahajud yang bisa kita dapatkan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Loading