Sukses

Lifestyle

Luruhkan Dosa-Dosa, Cara Salat Tobat Dua Rakaat

Fimela.com, Jakarta Sebagai manusia biasa, kita tak luput dari kesalahan dan dosa-dosa. Saat muncul penyesalan atas dosa yang kita lakukan, bertobat memohon ampunan kepada Allah SWT merupakan hal penting yang perlu kita laukan. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk bertobat adalah dengan salat.

Ada yang namanya salat tobat. Kita bisa menunaikan salat tobat dua rakaat untuk memohon ampunan dan menyesali diri atas kesalahan dan kekhilafan yang kita lakukan. Rasulullah mengajarkan hal tersebut dalam hadisnya: "Tidaklah setiap orang yang berdosa, lalu berdiri (dan menyadari itu) dan berwudu, kemudian salat, lalu memohon ampunan kepada Allah, pasti Allah akan memberikan ampunan baginya," (HR Abu Dawud). Saat itu Rasulullah mengutip ayat Al-Quran Surat Ali Imran ayat 135: "Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka mengingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui."

Cara Salat tobat

Salat suanh tobat dapat dilakukan dengan dua rakaat saat malam, bisa juga pada siang hari. Niat yang bisa dibaca adalah ushsholli sholata tobati lillahi ta'ala. Surat yang bisa dibaca adalah surat yang mampu kita hafal dan lakukan seperti salat sunah dua rakaat pada umumnya.

Setelah salam, kita bisa memperbanyak pujian dan istighfar kepada Allah SWT. Sebutlah nama-Nya banyak-banyak agar Allah berkenan mengampuni dosa kita dan menerima tobat kita. Allah mencintai dan menyukai hamba-Nya yang senantiasa meminta. Maka, saat salat tobat, kita perlu benar-benar khusyuk dan meminta ampunan supaya Allah membuka lebar pintu maafnya bagi kita.

Susuli dengan Istigfar

"Dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (doa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal." (QS Muhammad: 18)

Mengutip buku The Inner Power of Muslimah, istigfar disyariatkan di dalam setiap waktu, tetap ia menjadi wajib ketika melakukan dosa-dosa dan menjadi sunah atau sangat dianjurkan seusai melakukan perbuatan-perbuatan baik, seperti beristigfar 3 kali setelah salat, setelah haji, dan lain-lain. Juga, dianjurkan pada waktu sahur sebab Allah memuji orang-orang yang beristigfar pada waktu-waktu sahur tersebut.

Selama masih ada kesempatan untuk beribadah selama bulan Ramadan, lakukan salat taubat. Susuli dengan perbanyak istigfar. Terlebih saat waktu sahur, perbanyak istigfar untuk mendapat lebih rahmat-Nya. Semoga dosa-dosa kita semua luruh dan mendapat ampunan dari Allah SWT.

 

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading