Sukses

Lifestyle

3 Cara Mendapatkan Berkah Selama Ramadan Meskipun sedang Haid

Fimela.com, Jakarta Haid atau datang bulan adalah suatu periode yang dialami oleh sebagian besar perempuan. Haid saat bulan puasa mungkin menjadi salah satu hal yang sedikit menyedihkan, karena kita tidak dapat melaksanakan ibadah puasa penuh di bulan suci ini. Selain melewatkan hari-hari puasa dan tarawih, kita juga melewatkan shalat tahajud yang dilakukan di malam hari. Berikut ini adalah cara untuk mengambil keuntungan penuh dari Ramadan saat sedang haid.

Mengingat Tujuan Ramadan

Ada fokus besar pada puasa dan shalat di bulan Ramadan, tetapi pada akhirnya kita perlu fokus pada tujuan Ramadan. Allah menetapkan Ramadan kepada kita untuk membantu kita mengembangkan dan memperkuat kontrol diri kita.

Dengan membatasi makanan dan perilaku kita melalui puasa, kita membatasi banyak keinginan duniawi. Dengan cara ini, kita memperkuat kontrol diri kita dan memperkuat kemampuan untuk maju sepanjang tahun untuk menjadi lebih baik. Tujuan ini adalah untuk mendapatkan kedekatan dengan Allah. Kita semua tahu bahwa iman kita berfluktuasi naik turun. Beberapa hari kita mungkin merasa lebih selaras dengan Tuhan daripada hari-hari lain. Ini adalah bagian dari sifat kita. Tetapi Ramadan memberi kita kesempatan untuk menyalurkan fokus kita kepada Allah bahkan lebih daripada waktu lain.

Sempurnakan Niat dengan Ikhlas

Tidak dapat berpuasa bukan berarti kita menghentikan ibadah Ramadan kita. Menyempurnakan niat dalam rutinitas harian sangat penting. Ramadan adalah waktu yang tepat untuk mengalahkan ego kita sendiri yang mungkin meningkat selama masa ini. Mengingat bahwa kita hidup demi menyebah kepada Allah dan dengan tulus menjalankan kehidupan sehari-hari kita.

Ikhlas dapat terwujud dalam setiap aspek kehidupan kita. Memberikan energimu untuk menyiapkan hidangan berbuka puasa adalah tindakan yang dicintai oleh Allah, sedemikian rupa sehingga dirimu akan mendapatkan hadiah yang setara dengan orang yang sedang berpuasa. Menggunakan waktumu selama haid untuk mempertimbangkan kembali dan merenungkan niat dan apa yang mendorongmu dalam hidup dapat menjadi suatu hal yang mengubah hidupmu.

Gunakan Waktu Sebaik Mungkin

Kita dapat menghabiskan waktu dalam mengingat Allah dengan zikir dan doa. Terlibat dengan Al-Quran setiap hari adalah kunci untuk maju. Jika tidak dapat menghafal Al-Quran, mungkin bisa dengan bantuan audio. Jika tidak dapat melakukannya, fokus saja pada mendengarkan secara aktif. Semua tindakan ini akan membantumu merenungkan kehidupan serta rutinitas harianmu. Meskipun kita tidak sempurna, waktu luang yang kita miliki ini adalah waktu yang tepat untuk melihat niat kita. Dan Allahh tahu apa yang terbaik.

Nah, itu tadi beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk tetap mendapatkan berkah selama Ramadan saat kita sedang haid atau datang bulan. Dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi Sahabat Fimela yang menjalankannya.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Loading