Sukses

Lifestyle

Menjalankan Puasa Ramadan di Tengah Pandemi Virus Corona COVID-19

Fimela.com, Jakarta Setiap tahun, umat muslim di seluruh dunia dengan semangat menunggu datangnya bulan suci Ramadan. Ini adalah waktu yang tepat untuk kamu mendekatkan diri dengan Allah, memperbanyak amal dan memperkuat ikatan dengan keluarga.

Meskipun Ramadan tahun ini sangat berbeda karena adanya pandemi virus corona, ini tidak boleh dijadikan alasan untuk kamu malas beribadah. Walaupun tidak bisa melakukan ritual seru berbuka puasa bersama teman-teman, kamu tetap dapat menikmati bulan suci Ramadan tahun ini dengan cara lain.

Melansir dari the tempest, berikut adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan agar dapat tetap menikmati Ramadan tahun ini.

1. Mendokarasi rumah

Mendekorasi ulang beberapa sudut rumah atau kamar akan menambah suasana ramadan dan dapat memainkan peran besar dalam meningkatkan mood. Kamu dapat mencari ide-ide untuk mendekorasi rumah di internet dan jangan lupa untuk melakukannya bersama keluarga.

2. Persiapkan ruang doa yang nyaman

Ditiadakannya tarawih dan semua kegiatan di dalam masjid demi menghindari meluasnya paparan virus corona membuat suasana Ramadan tahun ini jadi berbeda. Tetapi kamu dapat membuat tempat khusus di rumah untuk beribadah bersama keluarga. Kamu juga dapat menyediakan waktu sendiri untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah

3. Buat daftar yang ingin dicapai

Membuat daftar tujuan yang ingin kamu capai selama bulan Ramadan sangatlah bermanfaat. Apakah itu membaca Qura'an, menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga, belajar memasak, menyelesaikan semua tugas, membantu anak belajar dan lain sebagainya.

4. Mengadakan buka puasa online

Selama masa karantina, hampir semuanya dilakukan secara online. Walaupun tidak dapat bertemu langsung dengan keluarga besar dan juga teman-teman, kamu dapat menghubunginya dan mengatur jadwal untuk buka bersama online.

 

5. Belajar masak

Dirumah aja adalah kesempatan yang bagus untuk mencoba hal-hal baru. Kamu dapat mencoba resep-resep baru untuk sahur maupun berbuka yang mungkin belum kamu coba selama ini. Tantang diri kamu untuk mencoba hidangan baru.

6. Berdonasi online

Kita semua tahu bahwa Ramadan juga tentang memperbanyak amal dan memberikan zakat. Ini adalah bagian penting dari ibadah di bulan Ramadan. Di rumah aja bukan berarti kamu tidak dapat menyumbang. coba kontak ke beberapa badan amal online yang membutuhkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading