Sukses

Lifestyle

Kurangi 7 Makanan Ini Karena Membuat Tubuh Dehidrasi selama Puasa

Fimela.com, Jakarta Ada banyak makanan yang bisa dikonsumsi selama buka puasa dan makan sahur, namun ada beberapa makanan yang perlu dihindari agar tubuh tidak mudah dehidrasi atau mudah haus karena tubuh kekurangan cairan saat menjalankan puasa. Ini sekian makanan tersebut.

1. Gorengan

Sudah banyak diketahui bahwa lemak jenuh dalam minyak mampu membuat tubuh dehidrasi. Gorengan lebih baik dikurangi saat buka puasa maupun sahur. Makan buah dan sayur segar atau makanan yang dikukus dan rebus agar tidak dehidrasi.

2. Soda

Penelitian dalam jurnal PLOS One menyebutkan bahwa minuman berkarbonasi atau bersoda sekilas memang memberi kesan menghilangkan dehidrasi namun sebenarnya justru mengurangi kandungan air di dalam tubuh. Kandungan gulanya yang tinggi juga rentan membuat haus.

3. Minuman dan makanan bergula

Berbagai minuman dan makanan manis dengan kandungan gula tinggi memang menggoda dikonsumsi saat buka puasa atau sahur tapi gula mampu membuat tubuh terasa kering dan mudah haus.

4. Kopi

Meski tampak enak diminum ketka buka puasa dan sahur tapi kopi bersifat diretik atau menyerap cairan untuk dikeluarkan dari tubuh. Penelitian menemukan bahwa kopi dengan kandungan kafeinnya mampu menghambat penyerapan natrium.

5. Makanan asin

Seperti halnya makanan manis, makanan terlalu asin atau mengandung banyak garam dan MSG juga rentan membuat tubuh dehidrasi karena garam dapat mengentalkan darah. Terlalu banyak makan asin akan mudah membuatmu haus.

6. Daging olahan

Makanan dengan bahan dasar daging yang sudah diolah seperti nugget, sosis, kornet, smoked beef dan lain sebagainya mampu meng

7. Makanan tinggi protein

Protein memang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan energi selama puasa, dan memang dianjurkan makan banyak protein agar tidak mudah lapar. Tapi konsumsi protein seperti daging sapi, unggas, susu, telur, atau makanan laut juga perlu diimbangi dengan banyak minum air putih. Akan lebih baik jika menjaga gizi seimbang.

Itu dia sekian makanan yang perlu dihindari atau dikurangi selama menjalankan puasa Ramadan agar tubuh tak mudah dehidrasi.

#ChangeMaker with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading