Sukses

Parenting

5 Tips agar Ibu Menyusui Bisa Menjalankan Puasa Ramadan dengan Lancar

ringkasan

  • Persiapan belanja dan memenuhi persediaan makanan di rumah
  • Bahan makanan tahan lama
  • Banyak minum air putih

Fimela.com, Jakarta Puasa Ramadan datang satu tahun sekali dan dijalankan dalam sebulan. Tentu saja akan sayang jika melewatkan bulan yang suci ini dengan tidak melakukan ibadah puasa. Namun kondisi kesehatan setiap orang berbeda-beda, apalagi jika harus menyusui untuk para ibu-ibu.

Jika tetap ingin menjalankan ibadan puasa Ramadan selama sebulan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar puasa lancar dan tidak memberatkan.

1. Persiapan belanja dan memenuhi persediaan makanan di rumah

Pastikan belanja banyak makanan sehat, terutama memiliki persediaan buah, sayur dan camilan berupa kacang-kacangan yang sehat.

2. Bahan makanan tahan lama

Akan lebih baik lagi jika memastikan ada persediaan telur, susu, keju, yogurt dan beberapa ikan kaleng seperti tuna dan sarden. Bahkan camilan seperti cokelat akan sangat baik menjaga mood ibu selama berbuka puasa.

3. Berada di ruangan dingin dan cukup istirahat

Akan lebih nyaman berada di ruangan ber-AC untuk menjaga suhu tubuh agar tidak mudah gerah atau kepanasan. Secara alami suhu tubuh ibu hamil dan menyusui akan lebih tinggi dibandingkan perempuan lain, ketika suhu tubuh tinggi karena udara sekitar hangat, ibu akan mudah dehidrasi.

4. Cukup istirahat

Seringkali susah mengatur jadwal istirahat ketika menyusui karena bayi bisa bangun kapan saja dan lapar kapan saja. Jadi ketika ada waktu untuk istirahat, sebaiknya gunakan untuk tidur. Jangan terlalu banyak melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga atau berat.

5. Banyak minum air putih

Selalu pastikan sudah minum air putih setiap sebelum buka puasa dan sesuadahnya. Kemudian lebih banyak minum air hingga waktu tidur dan makan sahur. Ini akan mengurangi risiko dehidrasi selama puasa.

Itu dia sekian tips yang bisa diterapkan agar puasa Ramadan lancar untk ibu menyusui.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading