Sukses

Parenting

Makanan yang Perlu Dikonsumsi Ibu Menyusui untuk Persiapan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Menjelang puasa Ramadan, setiap orang sepertinya perlu menyesuaikan diri dan mempersiapkan tubuhnya agar tidak kaget ketika diajak puasa selama satu bulan. Persiapan sebelum Ramadan juga perlu dilakukan ibu menyusui yang kemungkinan butuh banyak nutrisi jika ingin tetap bisa puasa.

Umumnya, tidak ada anjuran khusus ibu harus makan apa selama menyusui jika sudah makan cukup sehat setiap hari, seperti dilansir dari Babycentre UK, karena secara alami tubuh akan membuat air susu ibu yang tepat untuk bayi setiap kali ibu menyusui.

Tapi jika ingin memberikan gizi yang lebih baik, pedoman sederhana yang bisa diikuti ibu selama menyusui untuk persiapan puasa adalah:

Makanan sehat ibu menyusui

  • Makan protein yang sehat seperti pada ikan dan makanan laut: Salmon, rumput laut, kerang, udang, cumi, tongkol, dan sarden.
  • Lemak sehat: Daging sapi rendah lemak, kambing, ayam, bebek maupun burung puyuh.
  • Buah-buahan dan sayuran: apel, jeruk, alpukat, pepaya, semangka, pisang, kangkung, sawi, pokchoy, kembang kol, kubis, jamur, tomat, wortel, bawang putih, brokoli serta berbagai buah dan sayur lainnya.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian: kacang hijau, kacang merah, almond, kenari, biji chia, kedelai (tahu dan tempe) dan lain sebagainya.
  • Makanan sehat lain: Telur, susu, keju, gandum, kentang, cokelat hitam.

Sekian makanan di atas sudah mencukupi berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu dan bayi selama masa menyusui. Pastikan juga banyak minum air putih sementara menjaga makanan seat setiap hari karena air putih sangat dibutuhkan ibu selama menyusui, dan tantangan terbesar saat puasa adalah menahan haus. Jangan sampai dehidrasi.

Nah, sekarang tinggal belanja bahan makanan yang sehat untuk persediaan di rumah ya Moms.

#ChangeMaker with Fimela

;
Loading