Sukses

Parenting

ASI yang Dipompa Tidak Memberi Efek Sehebat Menyusui Langsung

Fimela.com, Jakarta Menyusui sudah menjadi kewajiban ibu setelah melahirkan dan hak anak untuk mendapatkan ASI langsung sehingga bukan hal yang perlu diperbedatkan lagi apkaah ibu harus menyusui atu tidak. Apalagi saat ini sudah banyak digalakkan ibu menyusui eksklusif bahkan jika harus menyempatkan waktu untuk memompa ASI di tempat kerja.

Namun ternyata memompa ASI dan menyusui secara langsung juga punya efek berbeda pada bayi. Seperti dilansir Babble.com, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Pediatrics menyebutkan bahwa memompa ASI mungkin tidak bisa melindungi bayi terhadap asma seperti ketika ia disusui secara langsung dari payudara.

Penelitian yang melibatkan 3.296 anak-anak di Kanada ini membandingkan metode pemberian ASI pada bayi dan mendiagnosis asma pada anak-anak pada usia 3 tahun. Hasil penelitian menunjukkan, minum ASI yang dipompa tidak memberikan perlindungan sekuat ketika bayi mendapatkan ASI saat ibu menyusui langsung.

Faktor utama yang melemahkan ASI pompa dibanding ASI menyusui adalah tidak adanya 'nursing' atau perilaku menimang dan menjaga dari ibu. Ketika menyusui langsung, ada ikatan dan kontak langsung dengan tubuh ibu yang hangat sehingga ada reaksi ilmiah yang membuat bayi nyaman dan merangsang kekebalan tubuhnya lebih baik.

Namun tentu saja, dalam hal perlindungan, ASI pompa jauh lebih baik jika dibandingkan dengan susu formula. Mungkin ini bisa menjadi pertimbangan untuk ibu untuk menyusui langsung ya.

PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Pakar Sebut Memberikan ASI Ekslusif 2 Tahun Bisa Menghemat Biaya Hingga Rp600 Juta
Artikel Selanjutnya
3 Bahan Alami Memperlancar ASI hingga Mempercepat Pemulihan Pasca Melahirkan