Sukses

Parenting

5 Makanan terbaik penyubur dan pelancar ASI buat ibu menyusui

Fimela.com, Jakarta Ibu menyusui sebaiknya lebih bijak dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi setiap hari. Selain harus memastikan makanan tersebut baik untuk kesehatan tubuhnya, ibu menyusui juga harus memastikan bahwa setiap makanan yang ia makan baik buat kesehatan serta perkembangan bayinya.

Ibu menyusui harus memastikan bahwa makanan tersebut bisa melancarkan ASI (Air Susu Ibu). Dengan ASI yang lancar dan mengandung nutrisi tinggi, ini akan berdampak baik bagi tumbuh kembang bayi. Melansir dari laman babaycenter.com, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa melancarkan ASI. Penasaran apa saja makanan tersebut? Simak yang berikut ini.

1. Bunga pepaya

Makanan yang kaya nutrisi dan pelancar ASI terbaik ada bunga pepaya. Selain bunga pepaya, daun pepaya juga sangat baik dalam melancarkan ASI. Bunga dan daun pepaya mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, fosfor dan kalsium yang baik buat tumbuh kembang bayi.

2. Daun katuk

Daun katuk mengandung nutrisi berupa protein, kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C yang sangat baik buat melancarkan juga menyburkan ASI. Nutrisi ini juga sangat baik buat tumbuh kembang anak. Cara memasak daun katuk sendiri sangat mudah, kita bisa memasaknya sebagai sayur bening. Pastikan untuk memasak daun katuk hingga benar-benar matang.

3. Kacang hijau

Makanan selanjutnya yang sangat baik dalam melancarkan dan menyuburkan ASI adalah kacang hijau. Kacang hijau mengandung protein, tiamin, zat besi, magnesium, asam folat, kalium, mangan dan fosfor yang baik buat kesehatan ibu maupun bayi. Kacang hijau juga mengandung nutrisi yang sangat baik dalam meningkatkan energi ibu selama menyusui.

4. Sayur bayam

Kandungan vitamin B6, protein, zat besi, ribloflavin, asam folat, magnesium, kalsium, kalium, vitamin A, C dan E serta K dalam sayur bayam sangat baik buat kesehatan. Ini juga bermanfaat melancarkan dan menyuburkan ASI. Sayur bayam tidak hanya menyuburkan ASI saja tetapi juga sebagai sumber energi bagi ibu menyusui. Nutrisi yang terkandung di dalam bayam juga baik untuk menangkal radikal bebas.

5. Wortel

Makanan berwarna oranye ini tak hanya baik buat kesehatan mata. Ini juga berperan baik dalam melancarkan dan menyuburkan produksi ASI selama menyusui. Menariknya, wortel akan membuat ASI terasa lebih enak dan semakin disukai buah hati.

Itulah sedikitnya 5 makanan terbaik penyubur dan pelancar ASI. Selain makanan di atas, makanan lain yang juga bisa menjadi penyubur ASI selama menyusui antara lain adalah sayur daun ketela pohon, daun keningkir, sayur labu siam, buah pepaya, buah pisang dan buah semangka. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Loading