Sukses

Parenting

Menyusui Rutin Bisa Cegah Kematian Mendadak pada Bayi

Fimela.com, Jakarta Setelah melahirkan, ibu tidak berhenti memastikan kesehatan dan keselamatan bayinya. Tugas selanjutnya adalah menyusui, memberikan ASI eksklusif sehingga bisa memenuhi nutrisinya untuk tumbuh serta membangun kekebalan tubuh bayi terhadap penyakit, termasuk sindrom yang mengancam keselamatannya, seperti SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).

SIDS adalah sindrom kematian mendadak pada bayi yang baru lahir. Sindrom ini menyerang bayi berusia kurang dari satu tahun dan dalam kondisi sehat. Seringkali kematian tiba-tiba pada bayi terjadi saat ia tidur tanpa diketahui penyebabnya.

Lalu bagaimana cara mencegah terjadinya SIDS? Penelitian menemukan fakta menarik. Dilansir dari Babble.com, sebuah penelitian terbaru dari University of Virginia School of Medicine menemukan bahwa menyusui bayi paling tidak dua bulan pertama secara rutin bisa memberi perlindungan dan pencegahan terhadap SIDS.

Peneliti Kawai Tanabe dari University of Virginia School of Medicine mengatakan, "Studi kami menemukan bahwa bayi yang mendapat ASI setidaknya selama dua bulan mengalami penurunan risiko signifikan terhadap kematian mendadak akibat SIDS." Hal ini tentu juga memudahkan bagi para ibu yang sulit menyusui atau harus sudah bekerja dan tak bisa memberikan ASI eksklusif selama dua tahun berkala.

Ini sekaligus membuktikan bahwa menyusui bermanfaat untuk berbagai alasan. Bukan hanya mencegah kanker payudara pada ibu di masa depan namun juga menyelamatkan kehidupan bayi. Tentu saja semakin lama menyusui secara langsung ASI kepada bayi akan lebih baik ya Moms.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading