Sukses

Parenting

Tips Menyusui Bagi Ibu yang Berpayudara Kecil

Fimela.com, Jakarta Memiliki payudara kecil seringkali membuat seorang ibu kesulitan menyusui. Meskipun ASI (Air Susu Ibu) banyak, cara menyusui yang kurang tepat bisa membuat ibu kesulitan memberikan ASI tersebut ke buah hati.

Melansir dari Evewoman, besar kecil payudara seorang perempuan tidak ada hubungannya dengan suplai ASI di dalamnya atau sedikit banyak ASI yang dihasilkan. Besar kecilnya payudara sendiri disebabkan oleh jaringan lemak yang ada di tubuh perempuan. Teruntuk perempuan yang berpayudara kecil tapi tetap bisa menyusui dengan mudah, ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Apa saja tipsnya? Simak yang berikut ini.

Tidak Menyusui Hanya di Satu Payudara

Saat menyusui buah hati, usahakan untuk menyusui dengan kedua payudara. Meski terkadang anak lebih suka menyusu pada satu payudara, ibu harus melatih anak untuk menyusu di kedua payudara.

2 dari 2 halaman

Menyusui Secara Teratur

Menyusui Secara Teratur

Pastikan untuk menyusui secara teratur agar produksi ASI teratur pula. Menyusui secara teratur juga akan membuat anak terbiasa menyusu di waktu yang teratur pula. Ketika ibu terbiasa menyusui di waktu teratur, ini akan membuat anak semakin nyaman. Pada bayi yang baru lahir, menyusui bisa dilakukan setiap 2 sampai 3 jam sekali.

Gendong Bayi dengan Benar

Pastikan menggendong bayi dengan benar saat menyusui. Posisi gendongan yang nyaman juga akan membuat bayi atau anak nyaman. Dengan posisi gendongan yang nyaman, ini juga akan memudahkan anak menyusu.

Pegang Payudara dengan Posisi Tangan Membentuk Huruf V

Para ahli menyarankan agar ibu memegang payudara dengan posisi jari tangan membentuk huruf V saat menyusui. Tak hanya disarankan untuk ibu dengan payudara kecil, posisi tangan ini disarankan bagi seluruh ibu terlebih lagi bagi ibu yang baru melahirkan dan menyusui untuk pertama kali.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar aktivitas menyusui semakin mudah dilakukan perempuan dengan payudara kecil. Semoga tips ini bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
5 Makanan terbaik penyubur dan pelancar ASI buat ibu menyusui
Artikel Selanjutnya
Kapan sebaiknya ibu berhenti menyusui buah hati?