Sukses

Parenting

Amankah Olahraga Ketika Ibu Masih Menyusui? Ini Faktanya

Fimela.com, Jakarta Setelah melahirkan, perempuan kemungkinan besar tak akan berpikir untuk olahraga. Daripada olahraga, waktu yang paling dibutuhkan ibu setelah menjalani persalinan adalah istirahat hingga pulih dan tubuh cukup kuat untuk melakukan aktivitas harian.

Namun setelah itu, ibu harus menjalani aktivitas lebih sibuk, yaitu menyusui dan mengurus si kecil. Banyak pula yang mulai berpikir untuk olahraga meski sibuk dengan urusan menyusui setiap hari. Tapi bagaimana faktanya olahraga selama menyusui, apakah boleh dan aman dilakukan?

Olahraga Selama Menyusui Justru Sehat

Jawabannya adalah boleh dan aman. Olahraga sangat baik untuk busui, dan justru dianjurkan selama menyusui karena membantu menjaga kesehatan mental dan fisik, seperti dijelaskan dalam Mind and Body Green.

Olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang selama 30 menit merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan interaksi sosial dengan orang dan lingkungan sekitar, membantu membakar lemak berlebih setelah hamil, meningkatkan kebugaran dan membangun gaya hidup sehat. Bahkan olahraga sangat membantu melepaskan stres yang menjadi penyebab tidak keluarnya ASI.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak olahraga hanya karena menyusui. Hanya saja, pastikan tidak melakukan olahraga berat dengan intensitas tinggi dalam jangka waktu lama, mempertimbangkan kondisi tubuh ibu menyusui yang kemungkinan masih butuh pemulihan dan istirahat lebih banyak. Pastikan juga mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan Memompa ASI di Toilet Berbahaya
Artikel Selanjutnya
6 Penyebab Produksi ASI Menurun Saat Menyusui