Sukses

Parenting

Ini Pentingnya Peran Suami untuk Ibu Menyusui

Fimela.com, Jakarta Menyusui bukanlah tugas dan tanggung jawab pribadi seorang ibu. Support suami atau seorang ayah juga memiliki andil besar dalam produksi ASI ibu yang lancar dan menjaga mood serta kadar stress ibu.

Seperti dilansir dari Healthline.com, menyusui adalah kegiatan yang bukan hanya melibatkan fisik namun juga emosi dan ikatan batin. Dr. Nigel Sherriff dari University of Brighton mengatakan bahwa dukungan suami memberi dampak besar terhadap kegiatan menyusui yang dilakukan ibu.

Sebuah penelitian tahun 2013 terhadap ibu menyusui menunjukkan bahwa ada peningkatan ASI secara signifikan sekitar 6,4% jika para ayah ikut memberi dukungan dan menemani ibu yang sedang menyusui.

Dukungan suami atau ayah terhadap kegiatan menyusui bisa dalam berbagai macam bentuk. Bisa dengan menemani ibu dan bayi saat menyusui, memberikan pijatan lembut di bahu untuk membuat ibu rileks, membantu melakukan pekerjaan rumah tangga, atau menghibur dan memberi motivasi pada ibu.

Dengan adanya dukungan seperti ini dari suami, ibu akan mengalami ketenangan batin yang mana akan sangat berpengaruh terhadap lancar atau tidaknya produksi ASI. Bukan hanya tingkat kebahagiaan ibu yang terjaga, bayi juga lebih tenang dan tidak rewel.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pakar Sebut Memberikan ASI Ekslusif 2 Tahun Bisa Menghemat Biaya Hingga Rp600 Juta
Artikel Selanjutnya
3 Bahan Alami Memperlancar ASI hingga Mempercepat Pemulihan Pasca Melahirkan