Sukses

Lifestyle

Wajib Perhatikan Ini untuk Menjaga Keamanan Data saat Menggunakan Media Sosial

Fimela.com, Jakarta Media sosial bukan hal yang baru lagi, terutama di tengah pandemi virus Corona saat ini. Ya, pembatasan aktivitas berskala besar tentu membuat kamu memiliki lebih banyak waktu untuk menggunakan media sosial, salah satunya adalah Facebook.

Berdasarkan data dari We Are Social hingga bulan Januari 2020, Facebook masih memiliki pangsa pasar yang besar di Indonesia dengan jumlah pengguna hingga 130 juta orang. Sayangnya masih banyak orang tidak sadar bahwa media sosial Facebook dapat memonitor aktivitas penggunanya.

Facebook dapat melacak aktivitas dan data pengguna dari berbagai sumber, seperti cookies, Facebook Analytics, dan feed. Cookie dapat memuat beberapa informasi, seperti waktu kunjungan situs website, berapa lama mereka berada di dalamnya, lokasi pengguna, halaman yang dikunjungi, bahkan tautan yang diklik di situs lain saat kamu menggunakan media sosial.

 

 

Menjaga keamanan data saat menggunakan media sosial

Facebook mengetahui segala hal tentang penggunanya, namun inilah yang justru sangat penting untuk dilindungi. Pada tahun 2018, mantan karyawan Cambridge Analytica membocorkan pada publik bagaimana perusahaan tersebut menggunakan sekitar 50 juga data pribadi pengguna Facebook untuk kebutuhan kampanye politik, tanpa persetujuan.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk melindungi keamanan data saat menggunakan Facebook? Facebook Container adalah ekstensi Firefox buatan Mozilla yang dapat membantu pengguna memisahkan situs Facebook dari website lainnya.

Menjaga keamanan data saat menggunakan media sosial

Ekstensi ini menggunakan containers functionality milik website browser Firefox, sehingga Facebook akan lebih sulit melacak penggunanya di website. Ketika kamu menggunakan ekstensi ini dan membuka Facebook, media sosial tersebut akan terbuka di sebuah tab khusus.

Jika kamu mengunjungi tautan yang mengarahkan ke Facebook, maka tautan juga akan terbuka dalam tab khusus. Maka, Facebook akan terisolasi dalam 1 tab saja, cara cerdas agar kamu tetap bisa menggunakan Facebook tanpa harus mengorbankan privasi online. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

;
Loading