Sukses

Lifestyle

Memperbaiki Diri di Bulan Ramadan, 10 Cara Mencapai Hidup Mulia

Fimela.com, Jakarta Banyak di antara kita yang memanfaatkan momen bulan Ramadan sebagai momen untuk memperbaiki diri. Yang tadinya jarang beribadah, mulai kembali rutin dan disiplin beribadah. Yang tadinya gampang marah, mulai berlatih untuk lebih sabar dengan berpuasa. Ada banyak hal yang bisa kita perbaiki di bulan yang suci ini.

Belum terlambat untuk memperbaiki diri. Kita pun masih bisa berusaha untuk menjadi orang yang mulia. Tentu saja untuk menjadi orang yang mulia, ada usaha dan upaya yang perlu kita lakukan. Mengutip buku 500 Rahasia Islami Pencerah Jiwa, Dr. 'Aidh Al-Qorni, MA menyatakan bahwa seseorang yang berkeinginan mencapai hidup mulia setidaknya harus mengerjakan sepuluh perkara. Apa sajakah sepuluh perkara tersebut? Berikut uraiannya.

Hidup Mulia

1. Bangun pada sepertiga malam (yang terakhir) untuk memohon ampunan Allah SWT.

2. Sesekali menjauhi (menyepi) dari orang-orang untuk merenung (tentang langkah-langkah yang diambil, mengenai kebesaran Allah SWT, dan lain sebagainya).

3. Bersahabat dengan orang-orang saleh.

4. Sering-sering mengingat (berzikir kepada) Allah SWT.

5. Salat dua rakaat dengan penuh keikhlasan dan kekhusyukan.

6. Membaca Al-Quran dengan pemahaman dan perenungan. 

7. Berpuasa pada hari yang terik.

8. Mengeluarkan sedekah secara diam-diam.

9. Memberikan bantuan dan pertolongan kepada orang muslim yang sedang ditimpa kesulitan.

10. Menjauhkan diri dari mengumbar hawa nafsu.

Menjadi orang yang mulia adalah harapan kita semua. Mari kita kembali perlahan-lahan memperbaiki diri di bulan yang suci ini. Semoga ke depannya, kita bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi dan menjadikan hidup ini lebih bermakna.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading