Sukses

Lifestyle

Tips Menumbuhkan Spiritualiatas Ramadan saat Pandemi COVID-19

Fimela.com, Jakarta Ramadan telah tiba di tahun ini bersama dengan adanya wabah virus corona. Banyak dari kita akan merindukan pertemuan sosial seperti waktu buka puasa bersama, tarawih di masjid dan melakukan tadarus. Namun saat ini, mungkin kita akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, baik berbuka maupun beribadah baik sendiri maupun dengan keluarga.

Kita perlu menyadari bahwa kita dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi kecemasan dan mengendalikan Ramadan tahun ini, sehingga kita dapat menikmati dan mengambil manfaat dari ini semua. Berikut ini tips untuk menumbuhkan spiritualias selama Ramadan saat dalam pandemi COVID-19.

Buatlah Nuansa Ramadan di Rumah

Lebih dari sebelumnya, ini adalah waktu untuk menciptakan lingkungan rumah dengan nuansa Ramadan yang menarik bagi semua keluarga. Kita dapat mendekorasi rumah dengan nuansa Ramadan seperti memasang visual Islami (buku dan dekorasi, aromaterapi yang mengasosiasikan Ramadan, membuat menu makan tadisional untuk berbuka dan sebagainya.

Ciptakan Suasana Masjid di Dalam Rumah

Buatlah ruang di rumah untuk diri sendiri di mana Sahabat Fimela akan berdoa membaca Al-Quran, shalat, merenung atau juga berzikir. Jika terbiasa pergi ke masjid untuk shalat wajib, lakukan shalat sesuai dengan jadwal jamaah masjid setempat. Pimpin keluarga dalam shalat pada waktu-waktu khsusu. Ini akan mendorong dirimu dan keluarga untuk shalat tepat waktu dan tetap merasa terhubung dengan masjid dan Tuhan.

Lakukan Shalat Tarawih di Rumah

Pelajari tentang bagaimana shalat tarawih di rumah. Ingatkan dirimu bahwa Tuhan masih mendengarkan permohonanmu. Atur koneksi virtual dengan teman atau keluarga saat waktu tarawih. Dirimu mungkin tidak dapat melakukan shalat bersama tetapi ini akan membantu dirimu terhubung dengan perasaan yang sama yang dimiliki di bulan Ramadan sebelumnya. Anggap situasi ini sebagai undangan untuk kita menghabiskan waktu sendirian dengan Tuhan.

Buatlah Daftar Kegiatan Harian

Dalam waktu seperti ini, karantina adalah kesempatan sempurna fokus untuk memanfaatkan bulan Ramadan. Membuat jadwal untuk menjaga rutinitas yang konsisten, memastikan bahwa kebutuhan spiritual, fisik, mental, emsosional dan sosial semua berkaitan dan berjalan seimbang. Tentunkan untuk berdoa, rencanakan untuk mendengarkan ceramah melalui TV atau platform media sosial lainnya, lakukan persiapan buka puasa. Pastikan untuk mengatur waktu untuk aktivitas fisik, misalnya seperti berjalan-jalan di luar bersama kelurga, pilih olahraga ringan setelah jam kerja selesai.

Doa

Selama waktu penuh ketidakpastian dalam pandemi ini, kekuatan doa dapat membawa harapan dengan memohon kepada Tuhan. Ini merupakan kesempatan untuk mengembangkan kebiasaan baik. Libatkan anak dengan meminta mereka membuat daftar orang-orang penting dalam kehidupan mereka yang ingin mereka doakan.

Ramadan tahun ini adalah pengalaman pertama bagi seluruh umat. Sementara kita akan kehilangan tradisi spiritual yang kita nikmati setiap Ramadan, tahun ini adalah kesempatan untuk mengembangkan tradisi baru.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading