Sukses

Lifestyle

Makanan untuk Mencegah Kambuhnya Sakit Maag saat Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Radang lambung adalah luka yang berkembang di lapisan lambung atau usus dua belas jari, yang merupakan bagian pertama dari usus kecil. Tukak lambung juga dikenal sebagai tukak lambung. Tukak lambung timbul ketika asam lambung mengiritasi lapisan lambung.

Beberapa orang percaya stres atau makanan pedas dapat menyebabkan maag. Ini dapat memperburuk maag dengan meningkatkan produksi asam lambung. Berikut ini adalah beberapa cara untuk meredakan sakit maag saat puasa.

Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah organisme hidup yang membantu mengembalikan keseimbangan bakteri di saluran pencernaan. Probiotik mampu mengoptimalkan kesehatan usus dengan baik. Menurut beberapa ulasan, probiotik dapat mengurangi jumlah bakteri yang ada dan mempercepat proses penyembuhan dan memperbaiki gejala maag. Probiotik dapat kita temui pada yogurt, makanan fermentasi dan suplemen probiotik. Bagi Sahabat Fimela yang memiliki masalah lambung, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan tersebut saat sahur dan berbuka puasa. Tetapi, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen karena memiliki konsentrasi probiotik yang lebih tinggi per porsi.

Buah-buahan

Banyak buah mengandung senyawa yang disebut flavonoid, yang merupakan polifenol. Flavonoid berkontribusi pada kekayaan warna beberapa buah. Polofenol dapat membantu mengatasi tukak lambung. Buah-buahan juga dapat membantu berbagai masalah pencernaan lainnya, termasuk diare.

Flavonoid melindungi lapisan perut, untuk meningkatkan lender pada lambung yang menghambat tumbuhnya H. pylori. Flavonoid juga memiliki sifat antioksidan. Mengonsumsi buah-buahan seperti apel, bluberi, dan ceri dapat membantu mengurangi gejala maag. Usahakan untuk mengonsumsi buah-buahan saat sahur dan berbuka. Selain meredakan atau menghindari sakit maag buah-buahan memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh.

Madu

Madu adalah pemanis alami yang populer digunakan di seluruh masyarakat. Jika seseorang yang mengonsumsi madu secara teratur dapat menikmatii berbagai manfaat kesehatan. Sebuah tinjauan menyatakan bahwa madu memiliki efek antimikroba terhadap H. pylori. Ini menunjukkan bahwa madu bermanfaat untuk mengobati sakit maag.

Kunyit

Kunyit adalah rempah berwarna kuning yang sering digunakan untuk memasak. Seperti, cabai, kunyit mengandung senyawa yang disebut cucurmin. Cucurmin memiliki anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mencegah kambuhnya penyakit lambung seperti maag. Mengonsumsi sari kunyit satu jam sebelum makan, dapat mengobati sakit maag pada seseorang.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan antibakteri, yang membuatnya membantu dalam memerangi infeksi. Beberapa penelitian mendukung efektivitas bawang putih dalam mengobati sakit maag. Namun, menggunakan bawang putih untuk mengobati sakit maag masih perlu untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Seseorang mungkin dapat menemukan beberapa pengobatan rumahan untuk mengurangi atau menyembuhkan sakit maag. Tetapi, ada baiknya untuk konsultasikan ini dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan memberikan solusi menjalan puasa meskipun memiliki sakit maag.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading