Sukses

Lifestyle

Mengenal Tradisi Lebaran di Indonesia yang Sering Kita Lakukan

Fimela.com, Jakarta Sebagai negara yang memiliki beraneka ragam agama, Indonesia tentunya juga merayakan hari raya Idul Fitri. Dengan penduduk yang didominasi dengan masyarakat Muslim, Indonesia memiliki tradisi lebaran yang tentunya beraneka ragam. Berikut ini adalah tradisi perayaan Idul Fitri di Indonesia.

Shalat Ied di Masjid

Seluruh umat Muslim berkumpul di masjid untuk melakukan shalat Ied bersama dengan keluarga dan teman di kampung halaman. Muslim mengenekan kemeja putih, dan kerudung putih, membungkuk bersama dalam rasa terima kasih dan harmoni saat doa bergema.

Silahturahmi

Silahturahmi berarti menjaga hubungan satu sama lain, sebuah konsep yang dipegang teguh oleh banyak orang Indonesia. Selama Idul Fitri, teman dan kerabat saling mengunjungi rumah masing-masin dengan membawa hadiah dan berbagi makanan. Silahturahmi mengunjungi keluarga yang mungkin belum pernah kita temui dapat kita lakukan.

Belanja Baju Baru

Mengenakan pakaian baru di hari raya Idul Fitri telah menjadi tradisi yang menyenangkan dan terpelihara dengan baik di Indonesia. Akibatnya, penjualan besar akan ada di mana-mana dari butik hingga department store. Ini adalah alasan yang sudah di tunggu-tunggu oleh semua orang, karena semua pedagang mungkin akan membanting harga. Namun sebaliknya, harga bahan makanan akan melonjak di sekitar liburan ini sehingga toko-toko dan swalayan mungkin penuh sesak sebelum Idul Fitri.

Tradisi Makan Ketupat

Ketupat salah satu makanan yang selalu ada selama perayaan hari raya Idul Fitri. Ketupat, dikemas dalam daun kelapa yang dianyam. Ketupat dapat dimakan dengan banyak pilihan makanan tradisional, dari opor ayam hingga hidangan rendang. Di Jawa, ketupat melambangkan kebersamaan dan tindakan memberikan ketupat kepada orang yang cintai yang berarti meminta pengampunan serta undangan untuk hidup bersama secara romantis untuk tahun yang akan datang.

Hari raya Idul Fitri merupakan sebuah hari yang kita nanti-nantikan setelah melakukan puasa Ramadan selama 30 hari. Ini adalah hari kemenangan yang kita rayakan bersama dengan orang-orang tersayang dengan harapan dapat hidup rukun, damai dan saling menghargai satu sama lain baik dengan sesama umat Muslim atau bahkan dengan seluruh umat beragama lainnya. Tentunya perayaan ini dilakukan oleh seluruh umat Muslim dengan berbagai tradisi menurut masing-masing negara.

 

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Bahayanya Menyimpan Dendam terhadap Kesehatanmu
Artikel Selanjutnya
Ini Fungsi Roombutter yang Digunakan pada Kue Kering