Sukses

Lifestyle

Tradisi Idul Fitri di Indonesia yang Dirindukan Oleh Sebagian Besar Perantau

Fimela.com, Jakarta Idul Fitri merupakan harri kemenangan bagi umat Muslim di seluruh dunia dan tak terkecuali di Indonesia. Banyak hal yang dilakukan saat lebaran tiba bahkan sebelum lebaran berlangsung. Berikut ini adalah beberapa agenda yang masih berlangsung di Indonesia saat Idul Fitri yang mungkin dirindukan oleh para perantau.

Mudik

Mudik merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang yang melakukan perjalanan pulang dari tanah rantau menuju kampung halaman yang bertujuan bertemu dengan kedua orang tua dan saudara lainnya. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia mudik sudah menjadi tradisi yang wajib dilakukan sebelum hari raya Idul Fitri. Banyak transportasi yang digunakan untuk melakukan mudik. Dari jauh-jauh hari masyarakat sudah mempersiapkan diri dengan pemesan tiket transportasi mudik.

Halal Bihalal

Halal bihalal sudah menjadi tradisi lama yang masih bertahan hingga saat ini. Halal bihalal dilakukan dengan mengunjungi rumah-rumah saudara dan tetangga. Ini dilakukan untuk mendapatkan pengampunan atas segala kesalahan yang kita perbuat dan menjadi ajang memperkuat tali silahturahmi bagi semua orang. Ini dilakukan dengan cara orang yang lebih muda, pergi berkunjung ke rumah orang-orang yang lebih tua dari mereka.

Takbir Keliling

Mengumandangkan takbir merupakan sebagai tanda hari kemenangan setelah puasa Ramadan selama 30 hari penuh. Takbir dilakukan di masjid dan sebagian dari mereka melakukannya dengan takbir keliling kampung dan kota-kota. Bahkan di kampung-kampung, takbir keliling dilakukan dengan membawa obor dan berkeliling kampung sambil membawa bedug.

Memasak Ketupat

Saat para pria sedang sibuk mengikuti takbir, para ibu dan perempuan lainnya menyiapkan hidangan lezat yang selalu ada saat lebaran, yaitu ketupat. Ketupat merupakan hidangan wajib saat merayakan Idul Fitri. Ketupat biasanya dinikmati dengan beberapa menu lainnya seperti opor ayam, rendang, atau sayur lodeh. Makan bersama dengan keluarga saat setelah shalat ied adalah salah satu hal yang paling dirindukan bagi perantau.

Sungkeman

Sungkeman merupakan salah satu bentuk berbakti kepada  orang tua. Sungkeman saat lebaran dilakukan saat setelah melakukan shalat Idul Fitri. Sungkeman ini dilakukan untuk saling memaafkan antara orang tua dan anak dan memohon doa restu kepada orang tua untuk menjadi lebih baik.

THR (Tunjangan Hari Raya)

Tunjangan hari raya, adalah sejumlah uang yang diberikan oleh perusahaan untuk karyawannya saat hari raya tiba. THR ini nantinya dapat kita bagikan kepada anak-anak yang berkunjung ke rumah dan beberapa saudara. Inilah biasanya yang dinantikan oleh beberapa anak-anak saat berkunjung ke beberapa rumah warga.

Hari raya Idul Fitri adalah sebuah momen berharga bagi umat Muslim, karena itu sangat penting untuk melewatkannya dengan berbagai kegiatan dan berkumpul bersama keluarga.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading