Sukses

Lifestyle

6 Cara Memperbanyak Amalan dalam 10 Hari Terakhir Ramadan

Fimela.com, Jakarta Lailatul Qadar (malam kekuasaan) digambarkan dalam Al-Quran sebagai, malam baik dari seribu bulan. Setiap tindakan yang dilakukan di malam ini seperti membaca Quran, mengingat Allah dan lainnya, lebih baik daripada bertindak selama seribu bulan yang tidak masuk dalam Qadar. Banyak kebaikan yang dapat kita lakukan saat malam lailatul qadar. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan pada malam lailatul qadar.

Meluangkan Waktu untuk Berdoa

Mengambil istirahat dari pekerjaan untuk dampir semua hal dama hidup. Memiliki waktu luang di tengah pandemi seperti ini, adalah waktu yang tepat untuk fokus beribadah dan bersyukur kepada Allah. Lakukan ibadah tambahan saat malam hari. Jangan lupa juga untuk melakukan itikaf.

Baca Al-Quran

Mungkin dirimu dapat memilih surat atau ayat-ayat dari Al-Quran, yang telah kita dengarkan ketika tarawih. Tidak hanya membaca Al-Quran, memaknai isi dari Quran juga perlu kita lakukan sebagai nilai-nilai yang perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Singkirkan Dosa-dosamu

Abu Huraira meriwayatkan bahwa Utusan berkata:

Siapa pun yang berdiri (dalam shalat) di malam Lailatul Qadar dan menjaga imannya dengan evaluasi diri, mengharapkan pahala dari Allah, semua dosa-dosanya ayang sebemulnya akan diampuni.” (Bukhari dan Muslim).

Jangan hanya berdoa menggunakan surat pendek yang diketahui. Cobalah untuk membuat doa lebih lama, lebih dalam dan bermakna. Tetapi jika hanya mengenal surat yang lebih pendek, sebaiknya bacalah terjemahan dan penjelasannya dan renungkan pesan dari surat tersebut.

Buatlah Daftar Doa Pribadi

Tanyakan pada diri sendiri apa yang sebenarnya dirimu inginkan dari Allah. Buatlah daftar masing-masing tak peduli seberapa kecil atau besar harapanmu. Mintalah kepada Allah untuk memberikan hal-hal itu kepadamu, pikirkan tentang tindakan apa yang telah dirimu ambil untuk mendapatkan harapan itu. Kembangkan rencana kerja untuk mendapatkan hal-hal yang diinginkan di masa depan.

Evaluasi Diri

Lakukan evaluasi di mana dirimu berada dan ke mana dirimu harus pergi. Biarlah evaluasi ini menuntunmu untuk merasakan kebahagiaan atas kebaikan yang telah dirimu lakukan dan penyesalah  atas kejahatan yang telah dirimu lakukan. Perasaan penyesalahan atas kejahatanmu, seharunya membuatnya lebih mudah untuk mencari pengampunan yang tulus dari Allah ketika berdoa kepada Allah.

Rencana ke Depan

Setelah melakukan evaluasi diri, dirimu dapat merencanakan ke mana dirimu ingin pergi, setidaknya dalam 12 bulan ke depan. lailatul qadar adalah malam yang baik untuk merefleksikan diri dan ini salah satu waktu untuk dirimu merencakan suatu hal yang lebih baik di tahun berikutnya.

Sudah memasuki 10 hari terakhir Ramadan, ini adalah hari yang sangat baik untuk kita melakukan ibadah kepada Allah. Malam terbaik dari seribu bulan yang dapat kita isi dengan kebaikan dan harapan baik kepada Allah.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading