Sukses

Lifestyle

Memilih Hidup Minimalis, Ini 4 Kelebihan Istimewamu

Fimela.com, Jakarta Pernah dengar soal gaya hidup minimalis? Gaya hidup ini bisa diartikan sebagai cara hidup dengan barang-barang yang memang kita perlukan. Seseorang yang menjalani gaya hidup ini selalu berusaha untuk tidak berbelanja berlebihan atau menumpuk barang terlalu banyak.

Menjadi seorang minimalis artinya kita lebih menghargai diri kita dibandingkan materi atau benda yang kita punya. Melansir nosidebar.com, menjadi seorang minimalis adalah berusaha untuk membuat keputusan berdasarkan yang dibutuhkan dan bukan berdasarkan sebatas keinginan. Bukan berarti semua barang yang dibeli harus serba murah, melainkan barang yang dibeli memang yang benar-benar dibutuhkan.

Bila kita sudah menerapkan gaya hidup minimalis, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Bahkan kita bisa memiliki kepribadian dengan sejumlah kelebihan istimewa, seperti berikut ini.

1. Tidak Mudah Stres

Francine Jaya dalam bukunya Seni Hidup Minimalis menyebutkan bahwa sedikit barang sama dengan sedikit stres dan sedikit barang sama dengan lebih merdeka. Ya, karena barang-barang yang kita punya memang yang benar-benar kita butuhkan, maka kita takkan terbebani dengan kewajiban untuk merawat atau menjaga barang-barang yang tidak penting. Sehingga tidak mudah merasa stres atau tertekan dalam menjalani rutinitas atau keseharian.

2. Tidak Lagi Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Mengutip becomingminimalist.com, meghabiskan waktu kita memikirkan benda-benda atau barang-barang yang tidak kita punya hanya akan membuat kita tidak mengapresiasi hal-hal yang sudah kita punya. Membandingkan-bandingkan diri hanya akan membaut kita merasa kekurangan sesuatu, meski sebenarnya kita sudah sangat berkecukupan. Tidak lagi berlebihan membandingkan diri dengan orang lain, maka hidup pun jadi terasa lebih nyaman.

3. Mudah Bahagia dengan Sesuatu yang Cukup

Kita jadi lebih mudah merasa bahagia. Bahagia dengan hal-hal yang cukup. Bukan pada hal-hal yang berlebihan atau yang membuang-buang uang. Dengan mengurangi benda-benda atau barang-barang yang kita punya, maka kita bisa lebih punya banyak waktu dan kesempatan untuk melakukan hal-hal lain yang lebih bermakna.

4. Bisa Lebih Mudah Membuat Keputusan dalam Hidup

Kita bisa lebih mudah mengontrol kehidupan kita. Lebih mudah membuat keputusan-keputusan penting dalam hidup. Tak lagi terikat dengan tuntutan harus memiliki banyak benda atau barang. Punya lebih banyak waktu dan kesempatan untuk mengatur prioritas-prioritas yang lebih penting. Sehingga hidup jadi terasa lebih mudah.

Bagi yang ingin mencoba atau memulai hidup minimalis, belum terlambat untuk mencobanya sekarang. Tingkatkan kualitas hidupmu dengan memilih gaya hidup minimalis.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

;
Loading