Sukses

Lifestyle

7 Cara Alami untuk Meningkatkan Energi dalam Tubuh Agar Terlihat Lebih Segar

Fimela.com, Jakarta Dengan kehidupan yang semakin sibuk, banyak orang secara teratur merasa lelah dan tenaganya semakin terkuras. Namun, jika kelelahan yang dihadapi berkaitan dengan gaya hidup, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan energi tubuh. Seperti beberapa hal berikut ini yang dapat mengubah gaya hidup dan mengingkatkan energi secara alami.

Dapatkan Tidur yang Cukup

Banyak dari kita mungkin melewatkan beberapa jam tidur karena shift di tempat kerja dan mengurangi jam yang harus dihabiskan di tempat tidur. Selain itu, diperkirakan bahwa 20-30% dari populasi umum dapat mengalami tidur yang buruk, karenanya kehilangan waktu istirahat yang vital.

Kurang tidur dapat menyebabkan seseorang merasa lesu, mudah marah dan lelah. Jika sering merasa seperti ini, mungkin perlu untuk mempertimbangkan apakah dirimu sudah cukup tidur. Dianjurkan untuk tidur selama 7 jam per malam. Jika tidak dapat tidur sebanyak yang dibutuhkan, Sahabat Fimela dapat mencoba bersantai sebelum tidur misalnya seperti meluangkan waktu untuk mandi dan membaca buku setengah jam lebih awal dari biasanya.

Sahabat Fimela juga harus dapat menghindari penggunaan ponsel menjelang tidur. Paparan cahaya dari layar ponsel sebelum tidur telah dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk, kurang tidur, dan meningkatkan rasa kantuk sepanjang hari. Jika ingin mencoba untuk tidur lebih banyak cobalah untuk melakukan meditasi dan latihan lain untuk menenangkan pikiran.

Kurangi Stres

Bukan hal yang aneh bagi orang-orang dengan kehidupan sibuk untuk merasa stres, cemas atau kewalahan. Dalam banyak kasus, tidak mungkin untuk sepenuhnya menghilangkan sumber stres dari hidupmu. Namun, jika dirimu meminimalkan stres terkait dengan gaya hidup, itu bisa meningkatkan energimu. Strategi untuk meningkatkan energi termasuk meluangkan waktu untuk bersantai, membaca atau berjalan-jalan. Sahabat Fimela juga dapat mencoba teknik mindfulness atau meditasi yang dapat mengurangi kecemasan. Namun, penting untuk dicatat bahwa jika dirimu merasa sangat stres dan kecemasan lebih parah, sebaiknya konsultasikan ini dengan dokter.

Lebih Banyak Gerak

Olahraga teratur penting untuk mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, karena ketika dirimu merasa lelah, bangun dan menggerakkan tubuh bisa terasa seperti hal terakhir yang ingin dilakukan. Berjalan kaki selama 10 menit ketika merasa lelah adalah hal yang baik dilakukan dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya sema sekali. Untuk memasukkan olahraga ke dalam harianmu, bisa mencoba denegan menjauh dari meja kerja dan berjalan-jalan saat istirahat makan siang atau berjalan kaki ke tempat kerja.

Hindari Merokok

Merokok adalah salah satu hal terburuk yang untuk kesehatan. Asap rokok sangat berbahaya dan meningkatkan risiko berbagai kondisi kesehatan seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, dan stroke. Menghirup asap rokok, dapat mengurangi jumlah oksigen yang diangkut ke seluruh tubuh dan membuatmu merasa lelah. 

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Jika Sahabat Fimela merasa lelah dan rendah energi, ada baiknya untuk memperhatikan kebiasaan makan. Kebiasaan diet yang baik mengurangi risiko tekanan penyakit kronis dan juga dapat memengaruhi tingkat energi dan perasaan dari hari ke hari. Tubuh membutuhkan bahan bakar untuk membuatmu terus maju. Memilih makanan utuh dan bergizi akan memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkan.

Jika mengonsumsi makanan olahan tinggi gula dan lemak, dapat memengaruhi tingkat energi dan kesehatanmu. Selain itu, jika seseorang memiliki pola makan yang tidak menentu dan secara teratur melewatkan makan, ini mungkin akan kehilangan nutrsi yang diperlukan dan membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah.

Batasi Konsumsi Gula Berlebih

Saat merasa lelah, mudah untuk mengambil camilan manis dan penuh gula. Namun, meskipun gula dapat memberi dorongan energi jangka pendek, gula akan cepat hilang. Ini karena makanan tinggi gula menyebabkan gula darah menjadi naik lebih cepat.

Mengonsumsi gula tambahan dalam jumlah besar juga dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes dan penyakit jantung, jadi membatasi penambahan gula tidak hanya baik untuk meningkatkan energi, tetapi juga untuk kesehatan tubuh lainnya.

Tetap Terhidrasi

Pada siang hari tubuh akan kehilangan air melalu urin atau keringat. Jadi agar tetap terhidasi, Sahabat Fimela perlu mengonsumsi air yang cukup untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Dehidrasi dapat memengaruhi fungsi otak, suasana hati dan tingkat energi. Agar tetap terhidrasi, pastikan untuk minum saat haus. Juga perlu diingat bahwa jika banyak berkeringat karena cuaca panas, dirimu mungkin perlu lebih banyak air.

Banyak orang merasa lelah dan kekurangan energi untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Namun, minum cukup air, makan makanan sehat, cukup tidur, dan berolahraga dapat memberikan manfaat bagi tubuh terutama untuk meningkatkan energi dan kesehatan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading