Sukses

Lifestyle

4 Efek Samping Mengonsumsi Kayu Manis yang Berlebihan Bagi Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Kayu manis addalah rempah-rempah yang terbuat dari kulit pohon cinnamomum. Kayu manis telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan seperti peningkatan kontrol gula darah dan menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung.

Meskipun kayu manis aman dikonsumsi dalam jumlah kecil hingga sedang, makan terlalu banyak dapat menyebabkan masalah kesehatan karena mengandung sejumlah besar senyawa disebut kumarin. Penelitian telah menemukan bahwa makan terlalu banyak kumarin dapat membahayakan hati dan meningkatkan risiko kanker. Selain itu, terlalu banyak makan kayu manis telah dikaitkan dengan banyak efek samping lainnya. Berikut ini adalah kemungkinan efek samping dari makan terlalu banyak kayu manis.

Dapat Meningkatkan Risiko Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa makan terlalu banyak kumarin, yang melimpah pada kayu manis, dapat meningkatkan risiko kanker tertentu. Namun, beberapa ilmuwan percaya bahwa kumarin menyebabkan kerusakan DNA dari waktu ke waktu meningkatkan risiko kanker.

Menybabkan Luka dalam Mulut

Beberapa orang pernah mengalami sariawan karena makanan produk yang mengandung bahan penyedap kayu manis. Kayu manis mengandung cinnamaldehyde, senyawa yang dapat memicu reaksi alergi bila dikonsumsi dalam jumlah. Sejumlah kecil bumbu tampaknya tidak menyebabkan reaksi ini, karena air liur mencegah bahan kimia dari kontak dengan mulut terlalu lama. Selain luka pada mulut, gejala lain dari alergi sinnamaldehid meliputi

  • Pembengkakan lidah atau gusi
  • Sensasi terbakar atau gatal
  • Bercak putih di mulut

Meskipun gejala-gejala ini tidak selalu serius, mereka dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Namun, penting untuk dicatat bahwa cinnamaldehyde hanya akan menyebabkan luka pada mulut jika Sahabat Fimela alergi terhadapnya. Selain itu, luka pada mulut tampaknya memengaruhi kebanyakan orang yang menggunakan terlalu banyak minyak kayu manis karena produk ini dapat mengandung lebih banyak kayu manis.

Menurukan Gula Darah

Memiliki gula darah tinggi kronis adalah masalah kesehatan. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan diabetes, penyakit jantung dan banyak masalah kesehatan lainnya. Kayu manis terkenal karena kemampuannya menurunkan gula darah. Studi telah menemukan bahwa rempah-rempah dapat meniru efek insulin, hormon yang dapat membantu menurunkan gula darah dalam tubuh.

Meskipun mengonsumsi sedikit kayu manis dapat membantu menurunkan gula darah, makan terlalu banyak dapat menyebabkan gula menjadi terlalu rendah, ini disebut hipoglikemia. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan, pusing dan bahkan pingsan.

Menyebabkan Masalah Pernapasan

Terlalu banyak makan kayu manis dalam sekali makan dapat menyebabkan masalah pernapasan. Ini karena rempah-rempah memiliki tekstur yang dapat menyebabkan masalah pernapasan. Ini karena rempah-rempah memiliki tekstur halus yang dapat membuatnya mudah dihirup. Menghirup serbuk kayu manis secara tidak sengaja dapat menyebabkan batuk, tersedak, dan kesulitan bernapas.

Kayu manis merupakan bumbu lezat, terkait dengan banyak manfaat kesehatan. Namun, tetap konsumsi dalam jumlah kecil hingga sedang saja. Hal ini bertujuan untuk menghindari sesuatu yang terjadi pada kesehatan tubuh kita.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading