Sukses

Lifestyle

5 Alasan Perempuan Merasa Hidupnya Makin Rumit Seiring Bertambahnya Usia

Fimela.com, Jakarta Sebagian di antara kita pasti ada yang merasa hidup terasa makin rumit seiring bertambahnya usia. Banyak hal tampak begitu kompleks untuk dihadapi dan ditangani. Bahkan hal-hal yang dulunya tak terlalu kita pikirkan, kini sering mengganggu benak kita.

Tentu saja alasan dan penyebabnya sangat beragam. Seorang perempuan seiring bertambahnya usia dan makin dewasa pasti akan dihadapkan pada berbagai perubahan. Fase-fase baru dalam hidup akan dijajaki. Berbagai pergolakan batin dan masalah pun datang silih berganti. Secara umum, penyebab hidup terasa rumit bagi perempuan adalah karena lima hal ini.

1. Tekanan Sosial

Kapan lulus? Kapan menikah? Kapan punya anak? Kapan nambah anak? Kapan kerja? Kapan kembali kerja setelah punya anak? Kapan berhenti bekerja demi anak? Tak bisa dipungkiri bahwa tekanan sosial bisa membuat hidup kita terasa rumit. Omongan orang lain memang tak bisa kita kontrol. Ada saja orang lain yangn suka campur tangan pada hidup kita. Bila kita kita terlalu sensitif menghadapi semua omongan itu, maka hidup yang sebenarnya baik-baik saja bisa terasa rumit.

2. Terus Menerus Merasa Cemas

Melansir lifehack.org, sebagai manusia kita adalah makhluk emosi. Saat kita stres, marah, frustrasi, atau sedang tidak senang, pikiran dan emosi kita bisa sangat memengaruhi cara kita bereaksi dan bersikap. Terus menerus mencemaskan masalah dan hal-hal yang ada di masa depan bisa menguras energi dan menyebabkan tekanan fisik serta emosi pada hidup kita. Semakin kita merasa cemas, maka semakin rumit hidup yang kita jalani.

3. Berusaha Mengontrol Semua Hal

Kita semua takut akan sesuatu. Takut gagal, takut mengecewakan orang lain, takut kehilangan, dan takut akan banyak hal lainnya. Sehingga kita berusaha memaksakan diri untuk mengontrol semua hal dan segala sesuatu dalam hidup. Padahal realitanya adalah kita tinggal di dunia yang kompleks. Tak semua hal bisa kita kontrol dan kendalikan. Saat seorang perempuan berusaha mengontrol semua hal, maka hidup akan terasa makin rumit di matanya.

4. Membanding-bandingkan Kebahagiaan yang Kita Punya

Rumput tetangga akan selalu tampak hijau. Hidup akan terasa rumit saat kita malah membanding-bandingkan kebahagiaan kita dengan orang lain. Ketika kita malah memfokuskan hidup kita dengan mengintip kehidupan orang lain dan berlebihan dalam membanding-bandingkan, maka yang terjadi kita akan merasa susah bahagia.

5. Terlibat dalam Drama Kehidupan Beracun

Hidup hanya akan rumit dan penuh masalah jika kita terjebak dalam hubungan dengan orang-orang beracun. Pasangan yang beracun, teman yang beracun, atau rekan kerja yang beracun bisa membuat hidup kita ini terasa sangat rumit. Ada orang-orang atau pihak yang memang perlu kita jauhi demi kebaikan kita sendiri.

Saatnya untuk lebih menikmati hidup dengan melakukan hal-hal yang kita suka. Syukuri semua yang kita punya dan tetap berupaya membuat perubahan-perubahan yang lebih positif bagi hidup kita ke dpannya.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Ambang Batas Antara Plagiasi dan Sumber Inspirasi di Industri Fashion
Artikel Selanjutnya
Hidup Tak Selalu Perkara Menuai yang Ditebar, Ada Saatnya Kita Menelan Pahitnya Kenyataan