Sukses

Lifestyle

Begini Cara Memanfaatkan Kaleng Bekas untuk Pot Tanaman

Fimela.com, Jakarta Memiliki beberapa barang bekas seperti kaleng, mungkin dapat kita olah menjadi bahan kerajinan yang berguna. Kaleng bekas memiliki fungsi yang cukup banyak misalnya seperti kotak pensil, wadah menaruh sendok, celengan atau dapat juga membuat media tanam. Berikut ini adalah cara sederhana mengubah kaleng bekas sebagai media tanam yang cantik.

Cuci Bersih Kaleng

Saat membeli makanan atau minuman berkaleng, jangan membuang kaleng tersebut begitu saja. Sahabat Fimela dapat menggunakannya untuk membuat benda yang bermanfaat salah satunya untuk pot tanaman. Cuci bersih kaleng bekas dengan menggunakan air sabun dan bilas hingga bersih.

Hias Kaleng

Supaya kaleng lebih cantik dan menarik, taka da salahnya untuk mempercantik kaleng dengan menghiasnya. Menghias kaleng dengan menggambari atau memberi warna menggunakan cat mungkin dapat dilakukan. Sahabat Fimela dapat juga memberi nama tanaman pada kaleng tersebut. Jangan lupa untuk melubangi bagian bawah kaleng.

Siapkan Tanah dan Tanaman

Jika kaleng selesai dihias, siapkan tanah dan tanaman yang hendak di tanam pada kaleng. Pilih tanaman sesuai dengan ukuran kaleng. Dapat juga menanam benih cabai, sawi hijau, seledri atau buah-buahan seperti stroberi.

Menanam

Masukkan tanah dan puluk kompos ke dalam kaleng bekas, siram dengan sedikit air. Masukkan benih atau namanan ke dalam tanah. Tupupu dengan tanah kembali dan siram sedikit air. Letakkan tanaman pada tempat yang sejuk namun tetap mudah terkena sinar matahari untuk membantu proses pertumbuhan tanaman.

Nah berikut tadi cara mudah untuk memanfaatkan kaleng bekas untuk media tanam. Tanaman yang ditanaman pada kaleng bekas ini dapat diletakkan di sudut ruangan untuk hiasan. Tertarik untuk mencobanya? Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading