Sukses

Lifestyle

5 Tips Simpel Memulai Gaya Hidup Minimalis

Fimela.com, Jakarta Gaya hidup minimalis lebih dari sekadar hidup dengan sedikit barang. Menerapkan gaya hidup minimalis bisa memberi perubahan yang signifikan terhadap hidup kita. Membantu kita lebih hemat sekaligus menciptakan lingkungan yang bebas stres.

Lalu bagaimana cara memulai gaya hidup minimalis? Hal pertama apa yang perlu dilakukan? Pada dasarnya kita bisa memulainya dari hal-hal paling mudah, seperti hal-hal berikut ini.

1. Pilih Satu Ruangan untuk Dibenahi

Pilih satu ruangan dan fokus berbenah pada ruangan tersebut. Melansir thewalletmoth.com, cara ini merupakan cara terbaik untuk membuat kita terhindar dari rasa stres atau tertekan pada saat akan memulai. Coba benahi satu ruangan di rumah terlebih dahulu. Biasanya kamar tidur menjadi ruangan yang sering dipilih untuk dibenahi dalam membangun gaya hidup minimalis.

2. Buat Tiga Sistem

Dalam berbenah, kita bisa membuat tiga sistem, yaitu barang yang perlu tetap disimpan, barang yang bisa didonasikan, dan barang yang perlu dibuang. Pilih dan pilah barang-barang dalam tiga sistem tersebut. Barang-barang yang sudah tidak terpakai selama lebih dari enam bulan bisa dikategorikan untuk didonasikan atau dibuang. Cara ini bisa memudahkan kita untuk benar-benar memastikan barang-barang yang kita punya adalah yang benar-benar kita butuhkan dan pakai.

 

 

3. Pastikan Ada Wadah atau Ruang Penyimpanan

Jangan biarkan benda-benda atau barang-barang berantakan. Sebisa mungkin kelompokkan masing-masing benda lalu siapkan wadah atau ruang penyimpanan khusus untuk kelompok benda tersebut. Mengutip extraspace.com, tempat penyimpanan yang rapi dan "tersembunyi" adalah kunci dalam penataan minimalis. Pastikan segala sesuatunya berada di tempat penyimpanan masing-masing agar tidak berantakan.

4. Pakai Prinsip Ganti, Bukan Tambah

Setiap kali ada barang masuk, maka harus ada barang yang keluar. Gunakan prinsip ganti, bukan tambah. Mengutip buku Seni Hidup Minimalis, kita bisa hidup hnaya dengan seperlima barang yang kita miliki saat ini tanpa merasa kehilangan apa pun. Jadi benar-benar perlu lebih jeli dan berpikir matang sebelum menambah tumpukan barang, ya.

5. Miliki Pola Warna yang Mirip

Hal ini bisa diterapkan pada pemilihan atau penyimpanan baju. Biasanya yang menyulitkan kita membangun hidup minimalis adalah mengatur koleksi baju. Coba terapkan pola warna yang mirip dalam memilih dan menyimpan koleksi baju. Seperti memilih warna-warna netral agar mudah dipadupadankan.

Bagi yang ingin memulai hidup minimalis, bisa dimulai dari cara yang mudah terlebih dahulu. Gaya hidup ini bukan sekadar tren, melainkan gaya hidup untuk membantu meningkatkan kuallitas diri dan hidup kita sehari-hari. Semoga info dan tips-tipsnya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Hari Tempe Sedunia Ditetapkan Tepat Pada Hari Ulang Tahun Presiden Soekarno
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Drama Korea yang Tayang Pada Bulan Juni