Sukses

Lifestyle

4 Tips Mengubah Kebiasaan Gampang Berantakan Jadi Lebih Rapi

Fimela.com, Jakarta Sering heran dengan situasi atau barang-barang di rumah yang selalu berantakan? Atau mulai merasa tidak nyaman dengan kebiasaan sendiri yang gampang membuat segala hal berantakan? Yuk, coba bangun kebiasaan baru yang lebih rapi.

Mengubah kebiasaan dari yang tadinya gampang berantakan menjadi lebih rapi memang butuh waktu. Bisa dilakukan pelan-pelan. Bahkan bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana. Berikut sejumlah tips  yang bisa dicoba untuk membangun kebiasaan yang lebih rapi dalam keseharian.

1. Siapkan Wadah untuk Setiap Kelompok Barang

Pastikan ada wadah untuk setiap kelompok barang yang ada di rumah. Bisa menggunakan kardus, kotak khusus penyimpanan, lemari, dan sebagainya. Seringkali yang membuat keseharian kita selalu tampak berantakan adalah tak ada tempat penyimpanan. Sehingga berbagai jenis barang ditaruh atau diletakkan begitu saja di sembarang tempat. Nah, untuk itu, agar segalanya bisa lebih rapi, pastikan setiap kelompok atau jenis barang punya "rumahnya" sendiri.

2. Buang Barang-Barang yang Sudah Tak Terpakai

Segala jenis sampah perlu segera dibuang. Barang-barang yang sudah tidak terpakai selama lebih dari enam bulan bisa dibuang atau didonasikan. Jangan membiasakan diri menumpuk segala jenis benda atau barang yang sudah atau sedang tidak diperlukan. Pilih dan pilah jenis-jenis barang yang perlu disimpan dan disingkirkan.

 

3. Beri Label pada Tempat Penyimpanan

Untuk semua jenis kardus atau kotak penyimpanan, sebaiknya diberi label atau nama. Sehingga memudahkanmu mencari benda tersebut sesuai pada tempatnya. Tak perlu membuka semua jenis tempat penyimpanan atau mengobrak-abrik setiap kardus yang ada. Pemberian label pada setiap kotak atau tempat penyimpanan dijamin akan memudahkanmu untuk memiliki kebiasaan yang lebih rapi.

4. Taruh Tempat Sampah dan Alat Bersih-Bersih di Tempat yang Mudah Dijangkau

Tempat sampah sebaiknya berada di tempat yang benar-benar mudah dijangkau. Begitu juga dengan berbagai macam alat atau perlengkapan untuk bersih-bersih, perlu ditaruh di tempat yang mudah diraih dan digunakan setiap waktu. Supaya tergerak untuk membersihkan dan menjaga setiap ruangan tetap rapi, maka kita perlu menjadwalkan kegiatan bersih-bersih dan berbenah secara rutin.

Bagaimana? Sudah siap untuk membangun kebiasaan yang lebih baik? Semoga tips-tips di atas bermanfaat, ya. 

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Bahayanya Menggantungkan Kebahagiaan pada Perhatian Orang Lain
Artikel Selanjutnya
Perempuan yang Bahagiakan Orangtua di Tengah Rumitnya Hidup Sendiri, Bahumu Tangguh