Sukses

Lifestyle

5 Tips Aman Bersepeda yang Perlu Kamu Terapkan di Tengah Pandemi Covid-19

Fimela.com, Jakarta Bersepeda memang merupakan kegiatan yang sehat dan menyenangkan untuk dilakukan, tidak terkecuali pada saat pandemi berlangsung. Banyak orang memilih untuk bersepeda untuk mengisi waktu luangnya karena kelonggaran aktivitas yang banyak diliburkan di masa pandemi ini.

Biasanya bersepeda akan semakin seru ketika tidak hanya dilakukan sendiri namun, bersama dengan teman. Berbeda dengan motor yang menggunakan tenaga mesin, bersepeda mengandalkan stamina tubuh karena dijalankan dengan mengayuh. Maka dari itu, disarankan jika ingin bersepeda ditengah pandemi seperti ini untuk tidak mengambil jarak tempuh yang terlalu jauh demi alasan keamanan dan kesehatan.

Walaupun kini nampaknya semua orang memiliki kendaraan bermotor, sepeda tidak pernah kehilangan penggemar setianya. Hal ini karena bersepeda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan, melatih kekuatan jantung, hingga melancarkan metabolisme tubuh.

Nah, buat kamu yang juga ingin bersepeda ditengah pandemi seperti ini perlu memperhatikan beberapa hal. Untuk lebih jelasnya, Fimela.com akan berbagi 5 tips aman bersepeda yang perlu kamu terapkan ditengah pandemi Covid-19. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pastikan Kondisi Tubuh Prima

Tips aman bersepeda pertama yang perlu kamu terapkan ditengah pandemi Covid-19 adalah memastikan tubuh dalam kondisi prima sebelum bersepeda. Hal ini penting karena stamina tubuh akan terkuras saat bersepeda, maka dari itu pastikan pada saat akan bersepeda bahwa tubuhmu dalam keadaan sehat dan bugar.

Jangan memasakan diri untuk bersepeda saat kamu merasa kurang enak badan apalagi ketika sedang sakit karena akan sangat berisiko. Virus corona sangat mudah masuk kedalam tubuh yang sakit karena sistem imunnya sedang lemah maka, virus pun akan mudah pula untuk menginfeksi. 

Pilih Waktu yang Tepat Untuk Bersepeda

Kedua, tips aman bersepeda yang perlu kamu terapkan ditengah pandemi ialah memilih waktu yang tepat untuk bersepeda itu sendiri. Kamu bisa bersepeda pada pagi hari karena udaranya sangat segar dan menyejukkan atau pada sore hari ketika cuaca tidak lagi panas.

Untuk estimasi waktunya sendiri, sebaiknya bersepeda selama 30-60 menit saja, jangan terlalu lama atau nantinya kamu bisa kelelahan. Maksimal waktu tersebut untuk berkeliling dan usahakan tidak berkeliling ke jalan yang ramai atau padat karena akan sangat berisiko. Pilih jalan yang tidak begitu padat agar kamu juga bisa lebih leluasa dalam bersepeda.

Gunakan Masker yang Nyaman Dipakai

Selanjutnya, tips aman bersepeda yang tidak kalah penting untuk kamu terapkan ialah menggunakan masker yang nyaman dipakai. Sebagai warga negara yang baik, kita mengikuti anjuran pemerintah mengenai protokol kesehatan dengan menjadikan masker sebagai barang wajib untuk dipakai saat beraktivitas diluar rumah, termasu bersepeda.

Karena kamu akan memakainya untuk bersepeda yang juga akan berpengaruh dengan ketahanan napas yang kamu hirup maka sebaiknya gunakan masker yang nyaman dipakai. Jangan gunakan masker yang kaku dan ketat karena akan membuatmu tidak nyaman bernapas hingga kamu kehabisan napas. Gunakan masker yang kainnya dapat menyerap keringat dan juga lentur sehingga bisa mudah kamu atur sekiranya kamu membutuhkan napas yang lebih banyak.

 

Lebih Baik Bersepeda Sendirian

Keempat, tips aman bersepeda selanjutnya yang juga perlu kamu terapkan ialah lebih baik bersepeda sendirian daripada bergerombol. Sama dengan social distancing, kamu juga harus menerapkannya saat bersepeda, sekiranya kamu takut sendiri maka ajak satu temanmu saja namun tetap usahakan untuk jaga jarak selama bersepeda.

Bersepeda secara bersama-sama hingga bergerombol terlalu berisiko apabila dilakukan pada masa sekarang ini dimana pandemi belum bisa dikendalikan. Usahakan juga ketika kamu mengajak temanmu jangan bersepeda secara bersebelahan, disamping akan memakan tempat untuk kendaraan lain juga berbahaya dan rawan penularan.

Jangan Singgah

Terakhir, tips aman bersepeda yang perlu kamu terapkan adalah menahan diri untuk tidak singgah atau mampir ke suatu tempat karena sangat berbahaya dan berisiko. Kamu tidak tahu apakah tempat yang kamu singgahi tersebut aman dari virus atau tidak karena virus corona sendiri mampu menempel pada permukaan benda untuk waktu yang lama.

Maka dari itu, jika kamu merasa sudah lelah sebaiknya segera pulang, jangan singgah. Alternatif lain jika kamu kelelahan saat perjalanan maka berhenti sejenak namun jangan pindah posisi dari sepedamu, berehenti saja sejenak lalu lanjutkan kembali sampai ke rumah. Hal ini penting agar kamu tidak memiliki peluang tertular dari tempat-tempat yang ingin kamu singgahi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading