Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Menggunakan Sabun Susu Kambing untuk Kesehatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Sabun susu kambing dibuat melalui proses pembuatan sabun yang masih tradisional yang dikenal sebagai saponifikasi. Susu kambing kambing kaya akan lemak jenuh dan tak jenuh, sehingga ideal untuk produksi sabun. Lemak jenuh meningkatkan busa sabun, sementara lemak tak jenuh memberikan sifat pelembab dan bergizi. Sabun susu kambing memiliki beberapa karakteristik bermanfaat yang dapat membantu menjaga kulit terlihat sehat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan sabun susu kambing.

Lebih Lembut

Kebanyakan sabun pada umumnya mengandung surfaktan keras yang dapat melembabkan kulit dan penggunaan minyak alami membuatnya terasa kering pada kulit. Untuk menjaga kelembaban alami kulit, sebaiknya gunakan produk yang tidak menghilangkan lemak alami. Susu kambing mengandung lemak dalam jumlah yang tinggi, terutama asam kaprilat, memungkinkan untuk menghilangkan kotoran dengan lembut tanpa menghilangkan asam lemak pada kulit.

Kaya akan Nutrisi

Susu kambing kaya akan asam lemak dan kolesterol, yang merupakan bagian besar dari membran kulit. Kurangnya komponen ini di kulit dapat menyebabkan kekeringan  dan iritasi. Selain itu, susu merupakan sumber vitamin A yang baik, vitamin yang larut dalam lekam terbukti memiliki sifat anti-penuaan. Ini merupakan sumber selenium yang baik, mineral yang ditunjukkan untuk mendukung membran kulit yang sehat.

Sebagai Perawatan Kulit Kering

Kulit kering, dikenal sebagai xerosis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh kadar air yang rendah di kulit. Orang dengan kondisi kulit kering tertentu, yaitu psoriasis dan eksim, sering memiliki kadar lipid yang lebih rendah, seperti kolesterol dan asam lemak di kulit. Untuk memperbaiki kulit kering, kadar lipid harus dipulihkan dan direhidrasi. Penggunaan sabun yang keras dapat menghilangkan kelembaban alamni kulit, yang dapat memperburuk kulit kering. Menggunakan sabun yang lembut dan kaya akan lemak seperti sabun susu kambing dapat mendukung kelembaban kulit.

Dapat Mencegah Jerawat

Karena kandungan asam laktatnya, sabun susu kambing dapat membantu mengendalikan atau mencegah jerawat. Asam laktat dapat mengelupas lembut dan mengangkat sel kulit mati, yang membantu mencegah jerawat dengan menjaga pori-pori bersih dari kotoran, minyak dan sebum berlebih.

Mengandung Mikroba yang Baik untuk Kulit

Sabun susu kambing dapat mendukung mikroba kulit yang sehat. Karena sifatnya yang membersihkan kotoran, ia tidak menghilangkan lipid alami kulit atau bakteri yang sehat. Selain itu, susu kambing mengandung probiotik seperti lactobasillus, yang bertanggung jawab untuk memproduksi asam laktat. Telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi dalam tubuh, termasuk kulit.

Sabun susu kambing memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, namun dari beberapa kulit sensitif sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika hendak menggunakannya.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading