Sukses

Lifestyle

4 Manfaat Mengonsumsi Rumput Laut untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Rumput laut atau sayuran laut adalah memiliki bentuk seperti ganggang yang tumbuh di laut. Rumput laut adalah sumber makanan untuk kehidupan laut dengan warna perpaduan antara merah, cokelat dan hijau tua. Rumput laut dapat digunakan sebagai banyak hidangan, termasuk sushi, sup, salad dan smoothie. Terlebih lagi, rumput laut sangat bergizi. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi rumput laut.

Meningkatkan Fungsi Teroid

Kelenjar tiroid melepaskan hormon untuk membantu mengendalikan pertumbuhan, produksi energi, dan perbaikan sel-sel yang rusak di tubuh. Tiroid bergantung pada yodium untuk menghasilkan hormon. Tanpa cukup yodium, seseorang mungkin mulai mengalami gejala seperti perubahan berat badan, kelelahan atau bengkak pada leher yang sering disebut dengan gondok.

Rumput laut memiliki kemampuan unik untuk menyerap yodium dalam jumlah besar dari laut. Kandungan yodiumnya sangat bermacam-macam tergantung pada jenisnya dan tempat mereka untuk tumbuh. Rumput laut adalah salah satu sumber yodium terbaik. Rumput laut juga mengandung asam amino yang disebut tirosin yang digunakan bersama yodium untuk membuat dua hormon utama yang membantu kelenjar tiroid melakukan fungsinya.

Sumber Vitamin dan Mineral

Setiap jenis rumput laut memiliki nutrisi yang unik. Taburkan beberapa lembar rumput laut kering pada makanan tidak hanya menambah rasa atau pun tekstur tetapi juga cara mudah untuk meningkatkan asupan vitamin dan mineral. Rumput laut juga mengandung sejumlah kecil vitamin seperti vitamin A, C, E dan K serta dengan folat, seng, natrium, kalsium dan magnesium. Rumput laut juga bisa menjadi sumber lemak omega-3 dan vitamin B12.

Mengandung Antioksidan

Antioksidan dapan membuat zat tidak stabil dalam tubuh yang disebut radikal bebas. Radikal bebas cenderung dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Selain mengandung vitamin antioksidan, C dan E, rumput laut memiliki beragam senyawa tanaman bermanfaat, termasuk flavonoid dan karotenoid. Ini telah terbukti dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Membantu Menjaga Kesehatan Usus

Bakteri usus memainkan peran besar dalam kesehatan seseorang. Diperkirakan bahwa seseorang memiliki sel bakteri dalam tubuh daripada sel manusia. Ketidakseimbangan dalam bakteri dalam usus dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Rumput laut adalah sumber serat yang sangat baik, yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan usus. Kandungan gula dalam rumput yang disebut polisakarida terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Rumput laut adalah bahan makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan yodium pada rumput laut dapat membantu mendukung kerja kelenjar tiroid dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal, nikmati rumput laut dalam jumlah normal.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading