Sukses

Lifestyle

5 Hewan Peliharaan Favorit yang Dapat Menghilangkan Stres

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang, memelihara hewan bukan hanya sekedar hobi namun juga cara untuk melepas dan menghilangkan stres. Tidak hanya stres, memelihara hewan juga ternyata ampuh untuk mengurangi gejala depresi dan kecemasan serta mendorong peningkatan aktivitas fisik.

Hal ini karena memelihara hewan bisa membuat kita terdistraksi dari masalah yang sedang kita alami. Biasanya ketika memiliki hewan peliharaan, kita akan terdistraksi dengan bentuk atau tingkahnya yang lucu sehingga segala macam perasaan negatif dapat melebur. Selain itu, saat memiliki hewan peliharaan maka kita bertanggungjawab untuk merawatnya dengan baik.

Aktivitas pada saat merawat hewan peliharaan juga mampu mengalihkan perhatianmu dari hal-hal yang negatif sehingga kamu akan lebih menikmati momen saat merawatnya. Memelihara hewan juga dapat membuat kita bahagia apalagi jika kita mampu melatih hewan-hewan tersebut untuk mengerti apa yang kita katakan.

Jadi, buat kamu yang ingin memiliki kebiasaan baru yang positif, kamu bisa memelihara hewan yang kamu suka. Untuk referensi, Fimela.com kali ini akan membagikan rekomendasi 5 hewan peliharaan favorit yang dapat menghilangkan stres. Simak referensi selengkapnya berikut ini.

Kucing

Hewan peliharaan favorit pertama yang dapat menghilangkan stres ialah kucing. Dibanding hewan-hewan lain, kucing adalah hewan yang paling sering dipelihara. Wajah dan tingkahnya yang lucu kerap kali membuat orang langsung jatuh cinta dan ingin memeliharanya. Adapun jenis kucing yang paling sering dipelihara adalah jenis kucing anggora dan Persia karena dua kucing ini memiliki bulu yang lebat sehingga terlihat sangat menggemaskan.

Momen terbaik bersama kucing yang dapat mengalihkan perasaan negatifmu ada pada saat kamu menghabiskan waktu bermain dengannya. Apalagi jika kamu cukup sabar, kucing dapat dilatih beberapa perintah tertentu misalnya, bersalaman atau kamu perintah untuk lari ke kanan ataupun ke kiri. Pastinya bermain bersama kucing juga bisa membuatmu bahagia dan tidak merasa kesepian.

Anjing

Hewan peliharaan favorit kedua setelah kucing yang juga banyak dipelihara dan disukai adalah anjing. Anjing juga termasuk hewan yangs angat pintar dan mudah dilatih, tidak heran jika hewan ini banyak digemari. Tidak hanya itu, anjing juga termasuk hewan yang setia dengan pemiliknya, biasanya jika suatu hari anjing menghilang, makai a dapat mencari dan kembali kepada pemiliknya.

Memelihara anjing juga dapat menghilangkan stres karena momen bermain bersama atau saat melatih anjing akan mengalihkan perhatianmu dari hal-hal negatif yang menyakitkan hati. Bahkan kamu bisa sampai lupa waktu karena terlalu nyaman bermain bersama anjing.

Hal yang menarik dari anjing juga salah satunya ialah dapat memahami perasaan pemiliknya. Biasanya jika sudah diasuh sedari kecil maka anjing seperti memiliki kedekatan emosional dengan pemiliknya. Ketika pemiliknya bersedih maka anjing dapat merasakannya.

Ikan

Selanjutnya, hewan peliharaan favorit yang juga banyak dipelihara selain kucing dan anjing ialah ikan. Jangan salah, ikan juga ternyata dapat menjadi hewan peliharaan yang bisa menghilangkan stres. Tidak heran jika banyak orang memasang akuarium yang cukup besar di rumahnya untuk tempat tinggal ikan dan tempat memandangnya.

Menurut penelitian, melihat ikan berenang memiliki efek sama seperti mendengarkan musik. Perhatianmu akan langsung teralihkan ke dalam sesuatu yang lebih baik. Hal ini karena saat ikan berenang kesana kemari, efeknya sama seperti kita sedang merasa terhipnotis. Itulah mengapa jika seseorang sedang galau, biasanya mereka akan nyaman berdiam diri sambi memandangi ikan yang sedang berenang.

Burung

Lagi, hewan peliharaan lain yang tidak kalah populer dan banyak dipelihara orang ialah burung. Salah satu jenis burung yang sering dipelihara ialah burung beo karena mampu mengeluarkan dan menirukan suara manusia. Pastinya kamu pernah melihat burung beo yang dipelihara di pekarangan rumah dan saat kamu melewatinya pasti kamu akan mendengar burung beo bersuara dan mengeluarkan nada-nada yang lucu.

Memelihara burung juga jelas dapat menghilangkan stres, hampir mirip dengan tingkah ikan yang berenang, tingkah lucu burung saat berterbangan kesana kemari juga jelas dapat mengalihkan perhatianmu. Kamu akan terhipnotis saat melihatnya terbang. Bahkan jika seseorang sangat menyukai burung, ia akan memelihara burung dalam jumlah banyak dan menikmati sautan suara burung-burung tersebut dipagi hari yang menenangkan.

Kuda

Terakhir, hewan peliharaan favorit yang juga banyak dipelihara dan dapat menghilangkan stres ialah kuda. Secara psikologis, kamu bisa mengontrol masalah dalam hidup ketika dihadapkan pada makhluk yang lebih besar, itulah yang kamu rasakan ketika sedang memelihara dan menunggangi kuda. Memberikan efek ketenangan dan juga perasaan optimis bahwa kamu mampu menghadapi masalah.

Pastinya bermain kuda dan menungganginya akan selalu menjadi momen yang memorable. Tidak hanya menungganginya, bahkan kamu juga bisa melatihnya untuk beberapa perintah tertentu. Namun ingat, untuk tetap hati-hati dan selalu menjaga keamanan apalagi jika kuda yang kamu pelihara berukuran cukup besar, pastikan kamu tidak kehilangan kontrol saat kamu menaiki kuda.

Loading