Sukses

Lifestyle

4 Alasan Mengapa Telur Baik Dikonsumsi untuk Menurunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Telur adalah makanan sehat yang sangat baik dikonsumsi setiap orang. Telur mengandung protein berkualitas tinggi, lemak sehat dan banyak vitamin dan mineral penting. Telur juga memiliki manfaat unik yang membuatnya menjadi salah satu menu untuk diet menurunkan berat badan. Berikut ini adalah alasan mengapa telur menjadi makanan yang dapat menurunkan berat badan.

Telur Rendah Kalori

Cara paling sederhana untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi asupan kalori harian. Satu butir telur berukuran besar mengandung sekitar 78 kalori, dan juga mengandung nutrisi yang tinggi, terlibih pada kuning telur. Mengonsumsi satu porsi telur dan sayuran dapat memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuh. Ingatlah bahwa jika menggoreng telur dalam minyak atau mentega dapat menambahkan kalori sekitar 50 kalori dalam setiap satu sendok teh yang digunakan. Sangat baik jika mengonsumsi telur rebus, karena itu rendah kalori.

Padat Nutrisi

Telur sangat padat nutrisi dan mengenyangkan, terutama karena kandunga proteinnya yang tinggi. Makanan berprotein tinggi telah dipercaya dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang, dibandingkan dengan makanan yang mengandung lebih sedikit protein. Diet dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dapat mengurangi pikiran obsesif tentang makanan hingga 60%. Ini juga dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi camilan di tengah malam.

Mengandung Asam Amino

Telur mengandung semua asam amino esensial. Ini berarti tubuh dapat dengan mudah mencerna protein dalam telur untuk meningkatkan kesehatan dan metabolisme tubuh.  Diet dengan mengonsumsi makanan tinggi protein telah terbukti dapat meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori/ hari. Efek termal dari makanan adalah energi yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme makanan dan lebih tinggi untuk protein daripada lemak atau karbohidrat.

Baik Dikonsumsi untuk Sarapan

Makan telur untuk sarapan tampaknya sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Makan telur di pagi hari dapat memberikan efek yang lebih baik daripada makan sarapan lainnya dengan kandungan kalori yan sama. Selain itu, mengonsumsi telur di pagi hari dapat meningkatkan rasa kenyang yang membuat seseorang tidak mudah lapar selama seharian. Selain itu, sarapan telur dapat menyebabkan glukosa darah dan respon insulin lebih stabil, sementara juga dapat menekan ghrelin (hormone kelaparan)

Menambahkan telur dalam menu diet mungkin merupakan salah satu hal termudah untuk dilakukan jika Sahabat Fimela ingin menurunkan berat badan. Telur dapat membantu seseorang merasa lebih kenyang dan membantu mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading