Sukses

Lifestyle

6 Masalah Lingkungan yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Sudah saatnya bagi kita untuk mengambil tindakan benar dalam menyelamatkan bumi dari masalah lingkungan utama. Jika diabaikan dari hari ke hari, efek buruk ini pasti dapat merusak kehidupan. Berikut ini adalah masalahh lingkungan yang dapat mengancam nyawa manusia dan menyebabkan kepunahan berbagai spesies.

Polusi Udara, Air dan Tanah

Lebih dari setengah populasi manusia tahu apa itu polusi, tetapi kita masih belum siap untuk menghadapi konsekuensi akibat adanya polusi. Polusi air pada dasarnya disebabkan oleh tumpahan minyak dan pembuangan limbah ke laut. Polusi udara timbul dari pembakaran bahan bakar fosil serta akibat bembakaran gas dari kendaraan. Sedangkan polusi air dan tanah sebagian besar disebabkan oleh limbah industri. Sudah seharusnya kita sebagai manusia dapat mengontrol perilaku yang dapat merusak lingkungan.

Perubahan Iklim

Perubahan iklim saat ini tidak dapat diprediksi secara pasti. Ini terjadi karena efek buruk dari tindakan manusia yang tidak bertanggung jawab untuk mengganggu dan merusak alam yang menyebabkan pemanasan global. Perubahan iklim tidak hanya mengubah cuaca secara keseluruhan yang memiliki efek yang lebih besar dan berbahaya misalnya terjadi badai, kekeringan, dan mencairnya es di daerah kutub.

Penebangan

Dengan pertumbuhan populasi yang pesat, permintaan akan sandang, pangan dan papan semakin naik yang menyebabkan deforestasi. Deforestasi berarti, pembukaan hutan untuk lahan pertanian, industri, atau perkotaan. Efek jangka panjang dari penggundulan hutan dapat sangat berbahaya dan mengkhawatirkan karena dapat menyebabkan banjir, erosi tanah, peningkatan pemanasan global, ketidakseimbangan iklim, kepunahan satwa liar dan kerusakan lingkungan lainnya.

 

Limbah Industri Rumah Tangga

Saat ini, beberapa banyak ton sampah diproduksi oleh setiap rumah tangga setiap tahun. Sementara untuk barang-barang yang dapat didaur ulang di kirim ke unit daur ulang dan sebagian lainnya akan berakhir di tempat pembuangan sampah. Karena adanya jumlah kebutuhan akan sandang, pangan, dan papan, hal ini akan menghasilkan lebih banyak limbah yang harus dibuang. Kehadiran lokasi TPA di beberapa kota dapat menimbulkan masalah lingkungan yang serius. Ini dapat memengaruhi kesehatan manusia, menurunkan kualitas tanah, memengaruhi satwa liar, menyebabkan polusi udara dan perubahan iklim.

Hujan Asam

Hujan asam berarti hujan yang bersifat asam karena adanya polutan tertentu di atmosfer. Polutan ini terjadi akibat proses pembuangan gas dari kendaran dan industri. Hujan asam dapat terjadi dalam, bentuk hujan, salju, dan kabut. Hujan asam dapat menyebabkan letusan gunung berapi. Hujan asam dapat memberikan efek merusak pada kehidupan hutan, kesehatan  masyarakat dan bangunan.

Kelebihan Populasi

Ini adalah masalah manusia yang tak berkesudahan yang menyebabkan semua jenis masalah lingkungan. Polusi air, krisis sumber daya, ketidakseimbangan gender, polusi, perluasan kota, penggundulan hutan adalah beberapa contoh umum dari efek berbahaya yang disebabkan oleh kelebihan penduduk. Terlepas dari upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal keluarga berencana di banyak negara, kelebihan populasi sulit dikendalikan di tingkat internasional.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading