Sukses

Lifestyle

7 Tips agar Roti Goreng dan Donat Tidak Terlalu Berminyak

Fimela.com, Jakarta Ketika mmebuat roti yang harus digoreng, seperti bombolini dan donat, seringkali hal yang paling banyak dipermasalahkan adalah roti goreng yang menyerap terlalu banyak minyak. Roti tak akan enak dimakan jika terlalu berminyak, agar roti goreng tidak terlalu menyerap minyak, begini caranya.

1. Pastikan adonan tertutup

Untuk roti goreng dengan isian, pastikan adonan tertutup rapat sehingga ketika digoreng tidak pecah atau adonannya rekah dan isi di dalamnya keluar mengotori minyak. Jika sudah begini, minyak akan masuk ke dalam roti dan ketika diangkat minyak akan banyak menetes.

2. Jangan sering dibolak-balik

Entah menggoreng donat atau pun roti goreng lainnya, pastikan tidak sering membolak-balik adonan. Inilah yang membuat adonan menyerap minyak dan membuat adonan susah mengembang. Cukup balik sekali ketika sudah yakin matang kecokelatan.

3. Gunakan minyak padat

Menggoreng dengan minyak padat bisa menghasilkan roti yang lebih renyah namun tidak banyak menyerap minyak. Minyak padat biasanya dijual dalam bentuk beku sehingga perlu dipanaskan agar menjadi cair. Roti yang digoreng dengan minyak padat juga tidak cepet melempem.

4. Goreng dengan minyak panas

Pastikan memasukkan adonan ketika minyak sudah panas. Memasukkan adonan sebelum minyak panas adalah penyebab adonan menyerap banyak minyak. Pastikan juga api tidak terlalu besar, gunakan api sedang cenderung kecil agar adonan matang hingga ke dalam.

5. Jangan menggoreng terlalu banyak

Jangan banyak memasukkan adonan dalam sekali goreng. Jika memasukkan terlalu banyak adonan roti ke dalam penggorengan, roti goreng matangnya jadi lama. Dan karena suhu dibagi dengan banyak adonan, minyak jadi kurang panas dna inilah yang menyebabkan minyak terserap ke dalam adonan.

6. Gunakan minyak yang banyak

Justru menggunakan minyak banyak tidak akan membuat adonan menyerap terlalu banyak minyak. Agar gorengan matang hingga ke dalam dan merata, gunakan minyak yang banyak. Ketika menggunakan minyak yang sedikit, kita rentan ingin membolak-balik adonan.

7. Tiriskan adonan

Sebelum disajikan, pastikan meniriskan adonan dari minyak. Letakkan di wadah cukup lebar dengan alas tisu sehingga minyak yang terangkat akan terserap tisu.

Itu dia sekian cara meggoreng roti goreng dan donat agar tidak menyerap lebih banyak minyak.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading