Sukses

Lifestyle

Teknik Tutup Panci, Cara Membuat Daging Cepat Lunak Tanpa Presto

Fimela.com, Jakarta Tidak punya panci presto tapi ingin masak daging agar cepat empuk? Ada banyak cara selain memasaknya di panci presto. Mulai dari meremas dengan daun pepaya, nanas hingga dipotong tipis-tipis.

Tapi mungkin dari banyaknya cara membuat daging cepat empuk, tak banyak yang tahu tentang teknik tutup panci atau sering juga disebut teknik memasak 5-30-10-30. Ini sekian cara yang bisa dicoba di rumah agar daging sapi empuk.

1. Memukul-mukul daging

Setelah dicuci bersih, potong-potong daging sesuai selera. Pukul-pukul sebentar agar memecah seratnya. Tidak perlu terlalu lama jika tak ingin daging hancur.

2. Rebus daging tanpa membuka tutup pancinya

  • Rebus air setengah panci atau cukup banyak hingga daging tenggelam dan terendam. Masukkan daging sapi dan dua lembar daun salam untuk membantu menghilangkan baunya. Tutup panci dan masak hingga mendidih. Rebus selama 5 menit, kemudian matikan api.
  • Setelah itu diamkan selama 30 menit. Nyalakan lagi api dan rebus lagi selama 10 menit, kemudian matikan lagi api. Diamkan selama 30 menit lagi.

Jangan pernah membuka tutup panci selama perebusan karena proses inilah yang akan menjaga suhu panci tetap panas dan membantu membuat daging cepat empuk. Setelah mendiamkan selama 30 menit terakhir, baru boleh dibuka dan cek tingkat keempukan daging. Jika kurang empuk, bisa direbus 10 menit lagi.

Itu dia teknik tutup panci yang bisa membuat daging cepat empuk meski tanpa panci presto. Silakan dicoba.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading