Sukses

Lifestyle

5 Gangguan Kesehatan Pada Telinga Akibat Penggunaan Earphone Secara Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Mendengarkan musik favorit melalui earphone memang selalu berhasil membuat tubuh dan perasaan kita menjadi lebih rileks. Namun, jika kamu menggunakan earphone secara berlebihan maka dampaknya tidak baik untuk kesehatan telinga dan juga pendengaran.

Merujuk pada catatan World Health Organization (WHO), yang mendapatkan data bahwa 1,1 miliar remaja dan dewasa muda di seluruh dunia memiliki risiko gangguan pendengaran. Penyebabnya adalah penggunaan perangkat audio pribadi yang tidak aman seperti telepon pintar, suara bising di klub malam, bar, atau acara olahraga.

Risiko yang paling rentan terjadi jika kamu menggunakan earphone secara berlebihan ialah gendang telinga yang dapat teriritasi. Jika sudah begitu, kamu harus mengobatinya secara serius melalui pelayanan medis. Melihat bahayanya, ada baiknya kamu mengatur intensitas penggunaan earphone agar tidak berdampak buruk pada kesehatan telinga dan juga pendengaran.

Untuk informasi, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 gangguan kesehatan pada telinga akibat penggunaan earphone secara berlebihan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini agar kamu semakin waspada dalam menggunakan earphone.

Bisa Mengalami Kerusakan Permanen Pada Telinga

Gangguan kesehatan pada telinga akibat penggunaan earphone secara berlebihan yang pertama ialah dapat menyebabkan kerusakan permanen pada telinga. Hal ini bisa terjadi karena kondisi telinga sudah tidak kuat menanggung beban suara yang terlalu keras dari earphone. Paparan suara berulang menyebabkan kerusakan telinga bagian dalam yang bisa berakibat fatal terhadap kemampuan pendengaran.

Tentu saja hal ini sangat berbahaya mengingat telinga adalah salah satu organ vital yang sama seperti mata, hidung, dan juga mulut. Apabila kesehatan telinga bermasalah sampai berakibat pada kerusakan pedengaran maka kamu tidak akan bisa mendengar normal seperti sediakala. Pastinya jika kamu tidak ingin hal ini terjadi, kurangi pemakaian earphone yang terlalu sering dan kecilkan volumenya.

Menyebabkan Infeksi Telinga

Selanjutnya, gangguan kesehatan yang bisa disebabkan oleh penggunaan earphone secara berlebihan ialah dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada telinga. Hal ini sangat mungkin terjadi karena penyebaran kuman atau bakteri di sekitar area pendengaranmu bisa dipicu dari pemakaian earphone yang tidak bersih.

Intensitas pemakaian earphone yang berlebihan bisa membuatmu tidak memerhatikan kebersihan earphone itu sendiri. Kamu terus memakainya tanpa peduli untuk membersihkan dan merawatnya. Alhasil earphone menjadi tempat bakteri berkembang biak.

Kebiasaanmu meminjamkan earphone pada orang lain juga sebenarnya kurang baik karena memberi kesempatan untuk tertular banteri penyebab infeksi telinga. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu hanya menggunakan earphone secara pribadi saja. Bila kamu terpaksa untuk meminjam earphone, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Penyebaran Kuman yang Tinggi

Berikutnya, gangguan kesehatan pada telinga akibat penggunaan earphone secara berlebihan juga sangat mungkin terjadi karena earphone merupakan salah satu benda yang memiliki kandungan kuman tinggi. Bagaimana tidak, dari sekian banyak benda, earphone sering diletakkan pada udara terbuka tanpa perlindungan dan juga jarang dibersihkan.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika earphone menjadi salah satu sarang tempat tinggal kuman dan juga bakteri. Nah, apabila kamu memakai earphone terlalu lama, maka bisa dipastikan kuman atau bakteri dari luar akan bebas masuk ke dalam tubuh melalui telinga. Inilah yang menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan bisa terjadi.

Risiko Kerusakan Pada Otak

Keempat, gangguan kesehatan paling parah akibat penggunaan earphone secara berlebihan ialah menyebabkan kerusakan pada otak. Hal ini bisa terjadi karena gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh earphone dapat menyebabkan bahaya serius bagi otak. Perlu diketahui bahwa telinga bagian dalam terhubung langsung dengan otak, sehingga infeksi sekecil apapun pada bagian dalam telinga dapat memberi pengaruh pada otak.

Gejala awal yang muncul jika memang berpengaruh pada otak ialah munculnya rasa sakit kepala yang berat. Dampaknya berakibat juga dengan infeksi telinga bagian dalam, secara langsung memengaruhi otak dan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Telinga Menjadi Lelah

Terakhir, gangguan kesehatan yang bisa disebabkan oleh penggunaan earphone secara berlebihan ialah kondisi telinga yang lelah. Kelelahan pada telinga merupakan kondisi dimana telinga terlalu banyak menerima stimulus dari suara secara bersamaan dan terus menerus. Kelelahan pada telinga dapat menyebabkan sistem pendengaranmu menjadi tidak nyaman dan terasa sulit dalam menangkap gelombang suara.

Maka dari itu, ada baiknya untuk tidak langsung memasukkan earphone atau menyisipkan langsung ke saluran telinga. Meskipun akan memberikan suara atau audio yang baik, tetapi kebiasaan ini akan meningkatkan kemungkinan gangguan pendengaran.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading