Sukses

Lifestyle

Jangan Asal Pakai, Ini Bedanya Cokelat Siap Makan dan Cokelat Masak (DCC)

Fimela.com, Jakarta Ketika membuat kue, roti atau makanan lain, tentu Sahabat Fimela pernah melihat ada bahan makanan berupa cokelat DCC dalam berbagai resep. Jika bicara tentang cokelat, orang mungkin lebih familiar dengan cokelat makan.

Apakah pengunaan cokelat yang biasa dimakan langsung sama dengan cokelat yang dimaksud di dalam resep makanan? Ternyata tidak. Ini bedanya Cokelat Makan dan Cokelat Masak (DCC).

Cokelat Siap Makan

Umumnya perbedaan mencolok antara cokelat masak dengan cokelat siap makan adalah kandungan dan rasanya. Karena telah diolah sedemikian rupa, ada tambahan susu dan gula, cokelat makan terasa lebih manis dan warnanya lebih terang. Cokelat siap makan juga terasa lebih lembut, empuk, mudah meleleh.

Penggunaan coeklat siap makan memang untuk langsung dikonsumsi. Meski memang saat ini cokelat siap makan bisa juga jadi pelengkap makanan seperti taburan mertabak manis dan lain sebagainya.

Cokelat siap makan

Cokelat masak (DCC) atau disebut juga dark cooking chocolate mengandung lebih banyak bubuk kakao jadi terasa lebih pahit. Cokelat masak ini belum dicampur bahan-bahan lain sehingga warnanya lebih pekat, padat dan keras.

Seperti namanya, cokelat masak memang diproduksi dengan tujuan campuran makanan yang dimasak seperti kue, roti dan lainnya. Lebih mudah disesuaikan rasanya sesuai makanan yang ingin dibuat. Berbeda dengan cokelat siap makan yang sudah ditambah susu dan gula, akan sulit menyesuaikan dengan resep. Meski cokelat siap makan bisa juga menggantikan cokelat masak di kala tertentu.

Ternyata itu perbedaan cokelat makan dengan cokelat masak (DCC). Sekarang sudah bisa menyesuaikan penggunaannya kan?

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading