Sukses

Lifestyle

Ulasan Buku Lagi Probation, Karya Samuel Ray

Fimela.com, Jakarta Judul: Lagi Probation

Penulis: Samuel Ray

Penyunting naskah: Yohana Shera

Pembaca pruf: Nadira Yasmine

Ilustrator: Yoelanda Sari

Desain sampul: Yoelanda Sari

Desain isi: Mulyono

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Cetakan kedua: Februari 2020

Mencari kerja adalah proses yang dihadapi semua orang dalam perjalanan kariernya. Namun, sering kali ada kebingungan dan ketidakpastian yang muncul. Mulai dari informasi yang nggak lengkap mengenai lowongan kerja, HRD yang susah dihubungi, sampai nego gaji yang alot.

Lewat Lagi Probation, Samuel Ray - seorang praktisi HR profesional - membagikan tips dan trik mencari kerja, mulai dari menulis CV hingga negosiasi gaji, yang ditulis dengan bahasa yang sederhana dan "mendarat", tanpa ditutup-tutupi, berdasarkan pengalaman dan sudut pandangnya.

Buku ini ditulis untuk kamu yang baru pertama kali mencari pekerjaan, sedang ingin mencari pekerjaan baru, atau sedang mengenang masa-masa mencari pekerjaan. Karena hidup adalah sesederhana menjadi proses probation ke probation selanjutnya.

***

Kalau mendengar kata "probation" hal pertama yang terlintas di benak kita adalah masa uji kualitas pekerjaan sebelum diangkat menjadi karyawan tetap. Biasanya pada tiga bulan pertama kita bekerja kita akan menjalani masa probation ini. Pada masa ini ada sejumlah penyesuaian yang biasa kita lakukan. Menyesuaikan diri dengan ritme dan budaya kerja serta menguji apakah perusahaan tempat bekerja memang cocok dengan kita atau tidak.

Masa-masa mencari kerja atau memasuki dunia kerja kadang memang tak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal baru yang harus dihadapi. Berbagai hal baru pun perlu dipelajari. Peralihan dari dunia sekolah atau kuliah ke dunia kerja memang akan dihadapkan pada sejumlah tantangan baru. Buku Lagi Probation hadir untuk memberi gambaran yang lengkap sekaligus ringkas tentang dunia kerja. Ditulis oleh Samuel Ray seorang praktisi HR berpengalaman dan profesional, ada banyak informasi penting tentang serba-serba dunia kerja di buku ini.

Pada bab pertama buku ini, Samuel berbagai ceritanya soal masa-masa sekolah dan kuliah yang ia alami. Termasuk pengalamannya ke Brazil dan Jepang yang memperkaya hidupnya dan membantunya untuk berproses menjadi pribadi yang lebih tangguh. Pada bab selanjutnya, Samuel juga menekankan soal pentingnya hidup mandiri. Menurutnya, langkah pertama menuju kedewasaan adalah berhenti nyusahin orang. Ah, saya setuju sekali dengan kalimat tersebut. Benar bahwa kedewasaan itu dimulai saat kita bisa berdiri di atas kedua kaki kita sendiri dan tidak menjadi beban orang lain.

Belajar Soal Kemandirian

Maknailah hidupmu dengan kemandirian. Itu salah satu poin penting yang ia sampaikan sebelum memaparkan persiapan mencari kerja. Penting untuk memiliki impian serta tujuan yang jelas saat memulai sebuah pekerjaan. Selain itu, perlu mengimbangi juga dengan pemahaman realistis bahwa bermimpi itu bebas tapi juga perlu terukur. Bukan hanya memiliki angan kosong dan malah tak menghadirkan perbaikan dalam hidup.

Kita semua pasti ingin bekerja di perusahaan bonafide, dengan lingkungan kerja yang nyaman, bisa mendapat gaji besar, memiliki atasan dan rekan kerja yang menyenangkan, serta bisa tetap memiliki kehidupan yang seimbang. Pastinya kita ingin bisa memiliki dunia kerja yang ideal. Namun, pada kenyataannya tak semua kenyataan sesuai dengan harapan. Untuk itu kita memang perlu benar-benar siap dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang ada.

Melalui buku ini, kita akan belajar banyak hal tentang membuat CV yang baik, menjalani wawancara kerja yang mulus, hingga berbagai hal penting terkait kontrak kerja. Bagi yang saat ini sedang berjuang mencari pekerjaan, ada banyak info dan tips bermanfaat yang bisa diambil dari buku ini untuk  jadi bekal agar lebih percaya diri saat melamar pekerjaan. Ada juga kolom tanya jawab seputar dunia kerja yang dijawab langsung oleh para pakarnya.

Pada kenyataannya memang persiapan yang matang akan membuka kesempatan lebih lebar untuk bisa diterima di perusahaan impian. Selain itu, saat dihadapkan pada kegagalan, bukan berarti hidup akan berakhir begitu saja. Ada cara-cara yang bisa ditempuh untuk membuka pintu-pintu kesempatan yang baru meski baru saja mengalami sebuah kegagalan.

Dilengkapi dengan ilustrasi-ilustras yang chic dan bahasa yang sangat ringan, buku ini tak memberi kesan menggurui sama sekali. Lagi Probation sangat cocok dibaca oleh para pejuang karier, baik yang sedang mencari pekerjaan pertama maupun yang sedang berencana untuk mengembangkan karier. 

#ChangeMaker

;
Loading