Sukses

Lifestyle

Alasan Tidak Boleh Minum Kopi Saat Perut Kosong

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang minum kopi segera setelah bangun tidur di pagi hari, apa kamu salah satunya? Ternyata, kopi bukan hal yang baik untuk langsung dikonsumsi di pagi hari, terutama bagi kaum perempuan.

Kopi dapat meningkatkan kortisol yang berdampak negatif pada ovulasi, berat badan, dan keseimbangan hormon. Hormon di sini adalah hormon stres yang membantu mengatur energi dan membantumu merasa waspada, justru berfluktuasi sepanjang hari, pada umumnya tinggi di pagi hari dan rendah di malam hari.

Dilansir dari purewow.com, minum kopi di pagi hari ketika perut kosong ketika kortisol tinggi dapat menyebabkan penumpukan produksi hormon dan menggeser waktu siklus. Hal ini dapat menyebabkan tubuhmu memproduksi kortisol pada waktu seharusnya turun, seperti pada malam hari.

 

Alasan kamu tidak boleh minum kopi saat perut kosong

Studi lain juga menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi ketika kortisol tinggi sebenarnya dapat menyebabkan tubuhmu memproduksi lebih banyak kortisol. Kortisol memang diperlukan untuk kesehatan, namun jika kamu terus menerus stres, tubuh akan terus memproduksi kortisol, yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan gula darah, mengarah pada peningkatan produksi hormon insulin dan resistensi insulin.

Kelebihan kortisol juga dapat menyebabkan efek seperti penambahan berat badan, masalah tidur, dan respon imun yang terganggu. Minum kopi dengan perut kosong dapat menimbulkan masalah kesehatan usus.

Kopi merangsang produksi asam di lambung, sehingga jika kamu rentan terhadap refluks asam, ada baiknya mengurangi konsumsi kopi. Di pagi hari, sebaiknya konsumsi santapan yang kaya akan kalsium untuk menetralkan keasaman kopi dan asam lambung.

Kopi sebaiknnya diminum setelah sarapan, antara jam setengah 10 pagi hingga siang hari, di mana kortisol biasanya rendah. Di titik ini, kopi akan memberi dorongan yang dibutuhkan.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading